Selamat Datang di LJM-UMS

Quality Assurance Center (QAC)-UMS, merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Desentralisasi Proses Akreditasi di Lingkungan UMS

Sesuai kebijakan Universitas (UMS) proses pengajuan akreditasi ke BAN-PT saat ini diserahkan sepenuhnya ke tiap Program Studi mulai dari penyusunan sampai pengiriman borang. Adapun berkas yang harus diserahkan untuk proses akreditasi BAN-PT (Program Studi S1) adalah sebagai berikut: 1. Borang

PENGUMUMAN PELAKSANAAN EVALUASI PBM OLEH MAHASISWA PERIODE SEMESTER GENAP 2008/2009

Dengan ini diberitahukan bahwa meskipun tidak diwajibkan pada periode semester ini (Semester Genap 2008/2009) evaluasi PBM oleh mahasiswa secara online tetap dapat dilakukan di: http://10.1.1.1/pbm/?pilih=em&mod=yes Saat ini QAC bersama IT sedang merumuskan mekanisme baru evaluasi PBM oleh mahas

PENGUMUMAN HASIL AKREDITASI PROGRAM STUDI GIZI DAN KESEHATAN MASYARAKAT

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009 tertanggal 2 April 2009, Program Studi Gizi dan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta dinyatakan lulus akreditasi (terakreditas

Workshop Desain Pembelajaran Partisipatif (Student Centered Learning) Dosen Universitas Pekalongan

Tim Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Pembelajaran (P3AI) UMS kembali dipercaya oleh kalangan perguruan tinggi untuk memberikan pelatihan bagi mereka. Universitas Pekalongan (UNIKAL) meminta Tim UMS untuk memberikan pelatihan bagi dosennya pada tanggal 17 - 20 November 2008. Pelatihan in

UMS Berhasil Memperoleh Dana PHK I

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi telah memutusakan UMS sebagai salah satu penerima hibah PHK Institusi untuk Tema Peningkatan Mutu Manajemen UMS Menuju Good University e-Governance dalam program 3 tahun yang akan dimulai Tahun 2009. Keputusan ini disosialisasikan dalam Surat Dirjen DIKTI No: 2832

Manual Prosedur Rekam Data Pelaksanaan PBM berbasis RMP

Hasil Raker Bidang Akademik UMS 2008 Dosen mengisi jurnal kuliah dan mengabsen kehadiran mahasiswa. Form jurnal kuliah dan presensi mahasiswa disediakan oleh BAA sesuai standar yang dibakukan. Pengisian jurnal kuliah dilakukan oleh dosen secara manual.

21 Butir Standar Mutu Pelaksanaan PBM di Universitas Muhammadiyah Surakarta

(Hasil Raker Bidang Akademik UMS 11-12 Agustus 2008)
  1. Setiap dosen melakukan kegiatan PBM berdasarkan RMP yang telah disusun sesuai dengan standar mutu penyusunan RMP.
  2. Pada awal kuliah, dosen menjelaskan RMP kepada mahasiswa dan membuat kontrak belajar dengan mahasiswa.

PHK-I 2009 : Peningkatan Mutu Manajemen UMS Menuju Good University e-Governance

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 2057/D/T/2008 tanggal 7 Juli 2008, UMS dinyatakan sebagai salah satu dari 73 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berhasil lolos tahap desk evaluation Program Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHK-I) Proses Seleksi Tahun 2008. UMS tela

RMP : Langkah Pembangunan Mutu Akademik

Kualitas pendidikan di perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh kurikulum yang direncanakan dan disusun. Karena itu Perguruan tinggi harus mempunyai kurikulum yang baku, baik sebagai pedoman pembelajaran, kepentingan akreditasi maupun kepentingan dalam kerjasama dengan pihak luar. Dalam pelaksanaaan

Pelatihan SCL dan Optimalisasi Kinerja BK di Sekolah

Bertempat di Ruang Multimedia Fakultas Pasikologi UMS, pada 17 Januari 2008, Program Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) UMS berkolaborasi dengan Fakuktas Psikologi UMS melatih para guru tentang "Student Centered Learning" (SCL). Pelatihan dengan tema "Optimlisasi Kinerja BK
 
Copyright © 2012 LJM-UMS