Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

LJM-P2AI Mengadakan Pelatihan e-learning Schoology di SM Al-Firdaus

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat LJM-P2Ai UMS mengadakan pelatihan e-learning ke pada guru-guru SM Al-Firdaus pada tanggal 20 Juni 2016, sebanyak 50 guru memadati ruang pelatihan yang berada di lantai 2, dengan semangat yang tinggi para guru menikmati pemaparan tutorial software freeware dari Schoology namun pelatihan yang pure 100% mensyaratkan jaringan internet yang memadai belum memenuhi target sehingga menyebabkan pelatihan agak tersendat-sendat. Namun secara aplikatif guru-guru sangat menyukai dan bertekad dapat mengimplementasikannya pada proses belajar mengajar di sekolah.

Pamitan Ibu Erindyah RW

Kamis, 1 Juni 2016, bagi LJM adalah saat-saat yang paling mengharukan setelah selama 3 tahun ibu Erindyah Retno Wikantyasning, M.Si., Ph.D telah menemani sebagai Kabid Monitoring dan Audit Mutu LJM UMS harus meninggalkan tugasnya untuk mejalankan tugasnya yang baru sebagai Wakil Dekan I di Fakultas Farmasi, walau disatu sisi kami sangat berat tetapi tugas yang baru akan mendekatkannya dan fokus dalam tugasnya  sebagai seorang dosen Farmasi. Semoga ditempat yang baru ibu Erindyah Retno Wikantyasning, M.Si., Ph.D akan semakin mengembangkan profesionalismenya sebaik sebagai seorang auditor juga kepala bidang penjaminan mutu Universitas  dan WD I di Fakultas Farmasi.

Studi Banding UKSW

Kamis, 1 Juni 2016 Sepuluh staf Pusat Penjaminan Mutu Akademik (PPMA) atau (LPMAI) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga mengadakan studi banding ke UMS dan UNS pada hari yang sama, kehadiran di UMS bertempat di ruang rektorat, dikomandoi oleh Wakil Rektor II UMS Bp. Sarjito, Ph.D dan UKSW oleh ibu Wati H. Daewangga dan Bp. Sri Yulianto,

Tujuan kegiatan ini untuk belajar :
  1. Bagaimana pengelolaan Penjaminan mutu di Tingkat Universitas
  2. Bagaimana pengelolaan penjaminan mutu di Tingkat Fakultas
  3. Pelaksanaan Audit Internal
  4. Bagaimana pengelolaan Pangkalan data untuk Akreditasi Institusi atau Akreitasi Program studi
  5. Bagaiamana penerapan KKNI di UMS
staf LPMAI dan Penjaminan Mutu dari Fakultas yang ikut dalam rombongan berjumlah sekitar 10 orang sedang dari UMS didampingi oleh Tim LJM, IT, BAA dan LPPI.

Presentasi Teaching Grant

Sebagai kelanjutan dari tahap desk review maka pada tanggal 21 Mei 2016 teaching grant memasuki tahap presentasi proposal, sedang proposal yang dikategorikan lolos pada tahap ini dengan judul Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dalam Proses Asuhan Gizi melalui Metode Pembelajaran Aktif Berbasis Multiple Intelligences (MI) pada prodi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pengembangan Modul Audiovisual dengan Desain Instruksional Model Dick and Carey pada Mata Kuliah Blok Learning Skill and Information technology di Fakultas Kedokteran. Finalis pada kesempatan ini mempresentasikan proposalnya di depan dewan reviewer, selanjutnya finalis melengkapi perbaikan proposal sesuai komentar reviewer untuk diajukan kembali untuk menerima bantuan penelitian.

Proposal Teaching Grand mulai direview

Rabu, 11/5-16, sejumlah proposal Teaching Grand yang masuk telah diserah terimakan ke Reviewer diantaranya Dr. Abdullah Aly, M.Ag dan R.M. Amin Sunarhadi, S.Si., MP. untuk menjalani penilaian dan proses selanjutnya, diantara proposal itu adalah Pemanfaatan Fitur Smartphone pada Mata Kuliah Praktek Massage Therapy, Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dalam Proses Asuhan Gizi melalui Metode Pembelajaran Aktif Berbasis Multiple Intelligences (MI), Pengembangan Modul Audiovisual dengan Desain Instruksional Model Dick and Carey pada Mata Kuliah Blok Learning Skill and Information technology di Fakultas Kedokteran. Peserta yang layak untuk menjalani proses selanjutnya akan diundang untuk melakukan tahapan presentasi pada tanggal 21 Me 2016.

Pelatihan Pengisian Borang Akredtiasi Prodi

Rabu, 4 Mei 2016 diikuti oleh lebih kurang 48 peserta dari prodi dan tim akreditasi prodi juga GJM mengikuti Pelatihan Pengisian Borang Akreditasi Prodi, yang di narasumberi oleh Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd, dengan penyajian yang menarik, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu akademik dalam rangka membangun universitas yang unggul. pelatihan ini diikuti oleh semua fakultas baik yang sudah mengajukan atau baru mengajukan akreditasi prodi di lingkungan universitas.  Tuntutan menjadi universitas yang unggul dalam akademik mensyaratkan dilakukan penataan-penataan untuk mengatasai persoalan-persoalan yang ada. Ada banyak tantangan-tantangan yang harus diselesaikan dan hadapi, salah satu persiapan ini adalah melakukan pelatihan ini. Beberapa jurusan di jajaran universtas telah mengajukan akreditasi dari BAN PT dan sebagian menunggu untuk visitasi, tentunya kita mengharapkan hasil maksimal.

Rapat Tim Penyusun Borang AIPT

Selama tiga hari 22-24/4-16 diselenggarakan Rapat penyusunan borang AIPT. Terdiri dari 23 peserta silih berganti mengikuti rapat tersebut. Penentuan standar prima dari institusi merupakan hal yang kruisal yang mengilhami nilai akreditasi pada visitasi nanti. Sebagai pemusatan akhir Tim AIPT pada tanggal 18/5-16 mengadakan pertemuan di Hotel Alana Jl. Adisucipto Solo untuk menyelesaikan dan menyatukan tugas setiap PIC berdasarkan standar akreditasi yang menjadi tanggung jawab bidangnya masing-masing. Semoga Tim AIPT diberi kekuatan dan kemampuan melahirkan borang yang berkualitas. Rencana Borang tersebut akan diserahkan pada akhir bulan Mei ke lembaga BAN-PT.

Perpustakaan Sekolah Kebangsaan dan Kewirausahaan

Selasa, 18/4-16 , pengisian buku-buku untuk Perpustakaan Sekolah Kebangsaan dan Kewirausahaan dimulai. Menempati rak buku bagian selatan dari ruang rapat LJM kurang lebih 200 koleksi buku umum dan sejarah kebangsaan menarik bisa kita baca ditempat, keberadaan perpustakaan tersebut di koodinasi oleh Bp. Nurgiyatna dan staf Mas Yoga. Koleksi buku tersebut mewakili inisiasi dari nama sekolah kebangsaan dan kewirausahaan. Semoga dengan adanya koleksi dan perpustakaan yang membimbing pembaca kearah kemajuan kebangsaan dan kewirausahaan cita-cita tersebut akan membawa dampak kepada UMS khususnya dan pada mahasiswa umumnya yang berpola berkemajuan.

Mantan Ketua QAC Era 2005-2009 Dianugerahi Gelar Dr. dari PPs S3 FH UNS

SELAMAT dan SUKSES

Kepada

Bapak Dr. M. Muhtarom, SH., M.H.

Mantan Ketua QAC sekarang LJM tahun 2005-2009

Yang hari Rabu, 6 April 2016, pukul 10.00 WIB

Di Ruang Sidang II Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jalan Ir. Sutami 36 A Kentingan, Surakarta.

telah menjalankan Ujian terbuka Promosi Doktor dan LULUS pada Program Studi S3 Ilmu Hukum PPS UNS

dengan judul disertasi : Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan Perkoperasian dan Lembaga Keuangan Mikro

Promotor : Prof. Dr. Adi Sulistyono, SH., MH & Ko. Promotor : Dr. Hari Purwadi, SH., M.Hum.

Rapat Koordinasi GJM bulan Maret 2016

Kamis, 24 Maret 2016, LJM mengundang GJM dalam rapat koordinasi bulanan, sistem pengundangan dilakuan menggunakan fasilitas Whats App yang 99% GJM sudah menggunakannya, namun untuk progress kehadiran masih dibawah 40% dengan banyaknya ijin yang menyertai undangan  tersebut, dalam kesempatan tersebut pertemuan diagendakan dalam rangka persiapan UTS pada bulan April yad, dan persiapan pengumpulan data capaian renstra dan borang AIPT yang akan dimulai tahap penyusunannya pada bulan Mei yad. Diharapkan pada pertemuan selanjutnya GJM sebagai bagian dari struktural perbaikan mutu di UMS dapat menghadiri pertemuan koordinasi ini.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS