Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Penilaian Laporan BKD Semester Genap 2013-2014

Setelah persiapan penilaian selesai pada hari sabtu, 16 Agustus 2014 berkas dari dosen tersertifikasi ditempatkan kembali sesuai denga penunjukkan asesor I dan meja rumpunnya, untuk pemberkasan hal-hal perlu dipenuhi adalah ketersediaan bukti fisik sesuai daftar isian Laporan Kinerja dosen selama satu semester, ketersediaan tanda tangan peserta, kesimpulan, software aplikasi dan akurasi nama asesor I dan II. Senin 18 Agustus 2014 berkas tersebut diperiksa oleh asesor I yang dilanjutkan (oleh panitia) dikirim ke asesor II  yangmana  isian komentarnya terdapat dalam Berita acara sebagai diterima/ diperbaiki dengan catatan. Masih mengunakan asesor dari luar untuk Guru Besar sebanyak 4 orang dari UNS. dan laporan yang masuk dan selesai di nilai difinishing oleh Panitia termasuk kompilasi nilai selama 1 tahun dan 3 tahun untuk Guru Besar, pada Jumat 29 Agustus 2014 dengan masih terkendala peserta yang terlambat mengumpulkan laporan BKD akhirnya rekap berkas diserahkan ke Kopertis6 sebagai batas hari terakhir pengumpulan, diantaranya daftar kompilasi dari softcopy dan hardcopy selama 1 tahun dan semester genap, tanda terima (lampiran C), Lampiran A, B dan D, serta surat-surat lainnya yang mendukung. Tampak dalam gambar Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom sebagai asesor sedang memeriksa kelengkapan berkas dosen serdos semester genap 2013-2014.

Pemberkasan BKD Semester Genap 2013-2014

Pemberkasan Laporan BKD bagi dosen tersertifikasi dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2014 di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dibagi dalam 6 rumpun dipersiapkan 7 petugas dari kalangan mahasiswa dan 4 orang dosen GJM (Gugus Penjaminan Mutu) serta staf LJM kali ini yang menjadi peserta berjumlah 306 (sesuai tanda terima dari kopertis6) dikurangi 14 dosen sekolah, 3 keluar /pensiun/meninggal dan 6 cuti/sanksi sehingga peserta aktif berjumlah 283 dosen.

Pengarahan Pengisian BKD

Bulan Agustus setelah semester genap berakhir adalah waktu-waktu dimana seorang dosen bersertifikat pendidik mempersiapkan laporan masa baktinya dalam satu semester kepada pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh kopertis, untuk itu Panitia Pemberkasan dan Penilaian BKD menghimpun 20 Dosen yang lulus sertifikasi dalam gelombang I tahun 2014 pada hari Sabtu, 9 Agustus 2014 di Ruang Pertemuan LJM, diantara ke-20 nama-nama dosen tersebut adalah sebagai berikut unduh, akan tetapi untuk pelaksanaan dari pelaporannya itu sendiri untuk dosen tersertifikasi angkatan I ini akan dimulai dengan mekanisme pembuatan kontrak semester gasal 2014-2015 pada bulan September 2014 ini.

Negocosting RPPS/F RIT 2014-2105

Suasana Negocosting RPPS/F di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Muhammadiyah Surakarta, 18-19 Juli 2014 walau dalam ibadah puasa Ramadhan peserta masih bersemangat untuk menggolkan rencana anggaran prodi maupun fakultasnya, suasana diluar gedungpun tidak kalah tegangnya Fakultas Teknik membuat meja runding tersendiri untuk menyatukan visi fakultasnya dibawah pimpinan Dekan Dr. Sri Sunaryono, ST., MT bersama-sama kaprodi dibawahnya. selama 2 hari pelaksanaan tercapai 95% penyelesaian Berita Acara persetujuan anggaran prodi maupun Fakultas.

RTM, akhir tahun 2013-2014

RTM dilaksanakan 15 juli 2014 di Auditorium Moh Djazman diantara Pimpinan Universitas,Fakultas, kaprodi dan didampingi Auditor pelaksana. Audit yang dilaksanakan pada tanggal 20-27 Juni 2014 diassassment oleh 47 Auditor, catatan selama pelaksanaan masih banyak terjadi perubahan jadual audit atas permintaan auditee, dan pemakaian internet atau server rpps yang masih menjadi kendala. Dalam Pencapaian hasil audit untuk Sasaran Mutu terbaik pada ketepatan waktu kelulusan mahasiswa adalah FK, FEB dan FKIP, daya serap pada stake holder yaitu Pasca Sarjana, Farmasi, FK dan FKIP, Skor tes Bahasa Inggris terbaik pada FKI, FF dan FG, dan masih banyak lagi. Penilaian audit berdasarkan penilaian KPI (Key Performance Indicator) yang hasil penilaian tersebut dapat dilihat dalam pengumuman web rpps.

Pembekalan Deskreview RPP/F RIT 2014-215 bagi Reviewer

(8/7-14) Bertempat di Ruang pertemuan LJM Reviewer deskreview proposal RPPs/F Online mendapatkan pengarahan dari wakil rektor I Dr.muhammad Da'i,  bahwa pilar utama PTS termasuk PTM adalah mahasiswa keberlanjutannya ditopang oleh stabilitas msuknya mahasiswa baru, diantara faktor penilaiannya adalah lulusan dan reputasi UMS terutama scientific productivity karena itu RPPS adalah upaya mendorong dosen/prodi produktif secara ilmiah. Dari pertemuan presentasi pimpinan fakultas (3/7-14) yang baru lalu perlu digaris bawahi adalah aktivitas fakultas benar-benar untuk mendorong sasasran mutu prodi/ fakultas,

Presentasi Pimpinan Fakultas dalam penyusunan RPPS/F RIT 2014-2015

(3/7-2014) Bertempat di Ruang Seminar Lantai II Fakultas Ekonomi dan Bisnis dilangsungka presentasi pemaparan program RPPS RIT 2014-2015 oleh Kepala pimpinan (dekan) 12 Fakultas dan 1 Direktur Pasca Sarjana, dalam sambutannya rektor menyatakan bahwa Jurnal ilmiah adalah kunci dari peringkat suatu universitas di dunia karena itu pembiayaan untuk mendorong peningkatan jurnal perlu diperhatikan, disamping itu wakil rektor I masih mensyaratkan bahwa pentingnya rpps dalam peningkatan akreditasi suatu prodi dan fakultas.

link Webometric

Audit RPPS/F/U akhir tahun 2013-2014

Dimulai pada hari Jumat, 20 Juni 2014 hingga 27 Juni 2014 seluruh Fakultas dan prodi juga unit mengikuti kegiatan audt yang digelar selama seminggu dan di koordinasi oleh LJM melalui Kabid  Monitoring dan audit Mutu, selama perjalanan ditemui over traffic maupun crash dalam pelaksanaan sistem audit online  ini dikarenakan sistem rpps yang terintegrasi dengan storing database sehingga mengganggu suasana pencampaian target waktu yang sudah terjadwal sebelumnya, juga bersamaan dengan itu masih banyak prodi yang melakukan input data kegiaan sebagai laporan audit yang  akan dipertanggungjawabkannya kepada auditor. Untuk kedepan UMS sudah memsiapkan dengan pengadaan server ganda bagi program rpps ini, sehingga diharapkan gangguan aktifitas audit dapat terminimilisasi dengan optimal. apalagi agenda selanjutnya aktifitas rpps ini adalah negocosting online yang juga memerlukan kemampuan sistem yang lebih baik. Secara keseluruhan audit dapat berjalan baik walau kemunduran jadwal kurun terjadi, kedepan adalah rpps tahun perencanaan II dari empat tahunan masa penganggaran rpps setiap periodenya, untuk efektifitas pekerjaan dan persiapan audit bersama dengan IT diharapkan dapat dikoordinasikan jauh lebih sempurna.

Berikut daftar nama auditor rpps akhir tahun rit 2013-2014 unduh, dan jadwal kegiatan rpps rit 2014-2015 unduh

Pembekalan Audit Akhir Tahun 2013-2014

(16/6-14) Pembekalan Audit Akhir Tahun 2013-2014, dilaksanakan di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis lt.II, dengan dibuka oleh Ketua LJM ibu Nur Hidayati, Ph.D, dilanjutkan dengan pemaparan teknis pelaksanaan audit dan simulasi online audit, sebagai berikut :

1. Ruang lingkup teknis pelaksanaan audit meliputi:

2. Langkah-langkah audit:

      3. IKU Prodi/Fakultas

      4. IKU Unit

      5. Komentar Auditor

Penyegaran materi SMM bagi GJM

(14/6-14) Kegiatan ini lebih banyak kepada sharing pengalaman dan refreshing menguatkan kembali dikarenakan sebagian  anggota GJM adalah merupakan eks-KaPMP terdahulu, dan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sudah terintegrasi dalam pengelolaan pendidikan, sehingga kegiatan ini adalah sebagai modal dan pengawal penjaminan mutu pada tingkat fakultas dan prodi, pada kesempatan ini materi dibagi menjadi tiga sesi yaitu sistem penjaminan mutu pt/ums, pengelolaan dokumen dan audit.

Mutu dalam definisi dan standart/spek pt (dikti), dan iso concern dalam pelayanan mutu kepada stakeholder, bersifat dinamis. Fokus mutu adalah pada proses, karena itu perlu pengawalan agar tercapai mutu yang diharapkan, sebagai contoh aspek biaya pada stake holder diharapkan mutu juga baik dan dapat diterima dalam dunia kerja (indikator/tuntutan user),  disamping itu sebagai efektifitas dan efesiensi perguruan tinggi itu sendiri.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS