Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Ndherek Mangayubagyo dengan Kabid Pengendalian Sistem LJM yang baru dan yang akan meninggalkan LJM

Jumat, 17 Oktober 2014 sehabis shalat Jumat staf LJM bersama koordinator GJM bertolak ke RM. Rasa Mirasa di depan Goro Assalam untuk menutup tugas Ketua Bidang Pengendalian Sistem lama Bp. Jumadi, S.Si, M.Sc yang akan melanjutkan tugas belajarnya di Leeds University dan menyambut kedatang Kabid yang baru Bp. Hari Prasetyo, Ph.D, dalam sambutannya ka.unit LJM menyampaikan bahwa masih ada permintaan bantuan tugas penyempuraan program sebelumnya dan beberapa nasehat dari teman-teman staf maupun koordinator GJM.  Selamat jalan Bp. Jum semoga Kemurahan dan KemudahanNya selalu mendampingi Bapak dalam melanjutkan studinya dan untuk Bp Heri Selamat datang dan selamat bertugas.

Penyerahan Surat Kontrak RPPS/F RIT 2014-2015 (Rabu, 8 Okt 2014)

Sebanyak 9 Dekan Fakultas dari 12 Fakultas di UMS dan 1 Direktur Pasca hadir dalam penyerahan  Kontrak RPPS 2014-2015 pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 di Ruang Sidang Rektorat, pertemuan ini di dampingi oleh Rektor dan dilanjutkan olek WR I, dalam arahannya WR I mengingatkan perkembangan UMS yang semakin pesat, maka pertambahan jumlah dosen akan mengikuti. Oleh karena itu UMS akan membuka kesempatan pada kandidat dosen sebanyak....untuk mengisi formasi dosen yang ada, namun dalam tanggapannya dengan para dekan pertambahan tersebut belum dapat mewakili keinginan fakultas.

Raker RPU GJM dan LJM (Senin, 6 & 10 Okt 2014)

Lounching PID terbaru tahun 2014

Setelah terbentuknya LPPI (Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah) UMS, dan dikembangkannya sistem Insentif terbaru serta dikeluarkannya Juknis atau petunjuk teknis PID (Pengembangan Individu Dosen) maka secar resmi PID masuk dalam tugas dan wewenang unit baru ini, maka secara resmi pada hari Kamis, 2 Oktober 2014 bertempat di Auditorium Moh. Djazman dengan dihadiri dosen-dosen UMS dilaksanakanlah lounching PID.

Sosialisasi Program RPU Tahun 2014 ke Unit-Unit di UMS

Pada hari Senin, 29 September 2014 bertempat di Ruang Sidang BPH/WR III

Community Garden

Jumat, 5 September 2014 bermula Community Garden bertempat di Jl. Dr. Rajiman, kampus UMS ke 5, KUI dan LJM berkolaburasi untuk menghidupkan lahan yang disediakan untuk kegiatan tersebut, dengan fokus kepada tanaman cabai sisa lahan dialokasikan untuk taman sesungguhnya terutama adalah untuk peneduh, sedang tanaman produksi lainnya menjadi fokus kedua selain fungsi peneduh tadi. tampak dalam gambar Mas Endi Wasito dari KUI dan Partono (Toni) dari LJM sedang mengusahakan lahan yang keras dengan cuaca yang ekstrim panas menjadi hidup dan berbudaya.

Penilaian Laporan BKD Semester Genap 2013-2014

Setelah persiapan penilaian selesai pada hari sabtu, 16 Agustus 2014 berkas dari dosen tersertifikasi ditempatkan kembali sesuai denga penunjukkan asesor I dan meja rumpunnya, untuk pemberkasan hal-hal perlu dipenuhi adalah ketersediaan bukti fisik sesuai daftar isian Laporan Kinerja dosen selama satu semester, ketersediaan tanda tangan peserta, kesimpulan, software aplikasi dan akurasi nama asesor I dan II. Senin 18 Agustus 2014 berkas tersebut diperiksa oleh asesor I yang dilanjutkan (oleh panitia) dikirim ke asesor II  yangmana  isian komentarnya terdapat dalam Berita acara sebagai diterima/ diperbaiki dengan catatan. Masih mengunakan asesor dari luar untuk Guru Besar sebanyak 4 orang dari UNS. dan laporan yang masuk dan selesai di nilai difinishing oleh Panitia termasuk kompilasi nilai selama 1 tahun dan 3 tahun untuk Guru Besar, pada Jumat 29 Agustus 2014 dengan masih terkendala peserta yang terlambat mengumpulkan laporan BKD akhirnya rekap berkas diserahkan ke Kopertis6 sebagai batas hari terakhir pengumpulan, diantaranya daftar kompilasi dari softcopy dan hardcopy selama 1 tahun dan semester genap, tanda terima (lampiran C), Lampiran A, B dan D, serta surat-surat lainnya yang mendukung. Tampak dalam gambar Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom sebagai asesor sedang memeriksa kelengkapan berkas dosen serdos semester genap 2013-2014.

Pemberkasan BKD Semester Genap 2013-2014

Pemberkasan Laporan BKD bagi dosen tersertifikasi dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2014 di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dibagi dalam 6 rumpun dipersiapkan 7 petugas dari kalangan mahasiswa dan 4 orang dosen GJM (Gugus Penjaminan Mutu) serta staf LJM kali ini yang menjadi peserta berjumlah 306 (sesuai tanda terima dari kopertis6) dikurangi 14 dosen sekolah, 3 keluar /pensiun/meninggal dan 6 cuti/sanksi sehingga peserta aktif berjumlah 283 dosen.

Pengarahan Pengisian BKD

Bulan Agustus setelah semester genap berakhir adalah waktu-waktu dimana seorang dosen bersertifikat pendidik mempersiapkan laporan masa baktinya dalam satu semester kepada pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh kopertis, untuk itu Panitia Pemberkasan dan Penilaian BKD menghimpun 20 Dosen yang lulus sertifikasi dalam gelombang I tahun 2014 pada hari Sabtu, 9 Agustus 2014 di Ruang Pertemuan LJM, diantara ke-20 nama-nama dosen tersebut adalah sebagai berikut unduh, akan tetapi untuk pelaksanaan dari pelaporannya itu sendiri untuk dosen tersertifikasi angkatan I ini akan dimulai dengan mekanisme pembuatan kontrak semester gasal 2014-2015 pada bulan September 2014 ini.

Negocosting RPPS/F RIT 2014-2105

Suasana Negocosting RPPS/F di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Muhammadiyah Surakarta, 18-19 Juli 2014 walau dalam ibadah puasa Ramadhan peserta masih bersemangat untuk menggolkan rencana anggaran prodi maupun fakultasnya, suasana diluar gedungpun tidak kalah tegangnya Fakultas Teknik membuat meja runding tersendiri untuk menyatukan visi fakultasnya dibawah pimpinan Dekan Dr. Sri Sunaryono, ST., MT bersama-sama kaprodi dibawahnya. selama 2 hari pelaksanaan tercapai 95% penyelesaian Berita Acara persetujuan anggaran prodi maupun Fakultas.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS