Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Penyerahan berkas BKD

Diakhir-akhir batas waktu penyerahan Laporan Kinerja Dosen (BKD), panitia baru dapat menyelesaikan tugasnya, setelah 2 minggu lebih waktu yang melelahkan berkelud dengan dokumen dan aktifitas kepanitiaan serta finishing yang panjang Jumat 27 Februari 2015 dokumen harus siap diserahkan, perlengkapan serah terima BKD tersebut diantaranya hardcopy Lembar Laporan Kinerja Dosen (LKD) beserta  kesimpulan sebanyak 332 peserta, lembar compile fakultas dan unversitas, copy dan legalisir sertifikat pendidik dosen baru lulus serdos, tanda terima terbaru, lampiran A-B-C (studi lanjut, pensiun dan cuti/sakit), DVD burner (softcopy) dan scan, baru dapat diberangkatkan kekopertis6 di semarang sejak penundaan dari hari sebelumnya, pada pukul 09.42 wib dan pada pukul 11.40 setelah menunggu antrian, dokumen diserahkan untuk menunggu verifikasi keabsahan pemberkasan dari kopertis pada waktu berikutnya.

Penilaian Kinerja Dosen akhir semester gasal 2014-2015

Penilaian BKD  semester gasal 2014-2015 dilaksanakan serentak pada hari senin, 16 Februari 2015 di Auditorium Moh. Djazman, tidak kurang dari 300 asesor internal terlibat di dalam penilaian kinerja dosen, terhitung 4 asesor eksternal digunakan yang mengasesori guru besar UMS yaitu Prof Tulus Haryono, Prof Bambang Sutopo, Prof Joko Nurkamto dan prof Adi Sulistyono,  beberapa permohonan pengasesoran pun terus berdatangan dari berbagai PTS lain sampai satu hari menjelang penyerahan berkas Kopertis yang tidak dapat dilayani dengan baik berhubung kepentingan internal lebih utama untuk diselesaikan. Selanjutya setelah penyelesaian penilaian  laporan kinerja dosen ini bagi yang perlu direvisi dan perbaikan diadakan perbaikan dan terakhir di tanda tangani asesor, kali ini panitia dibantu oleh 8 mahasiswa volunteer yang melakukan finalisasi dan pemeriksaan selanjutnya, sebelum berkas dibawa ke kopertis, dan perlu digaris bawahi disini bahwa berkas BKD khusus bagi Guru besar sesuai dengan surat dari kopertis untuk dilakukan pengarsipan oleh universitas sejak semester gasal 2013-2014 yang lalu.

Pemberkasan Kinerja Dosen akhir semester gasal 2014-2015

13-14 Februari 2015 merupakan 2 hari waktu penerimaan berkas BKD semester gasal 2014-2015 bersamaan dengan segala persiapan administrasi dan kekurangan teknik, yang masih belum memadai adalah tidak adanya tim IT khusus dalam persiapan pemberkasan yang diantaranya kesiapan laptop (prepare maupun maintenance) dan jaringan, dengan ditemukan kembali 1 laptop yang bermasalah dalam keyboard, tidak adanya akses internet (accses point/wifi) dalam ruang auditorium yang hilang sebelumnya, sehingga mengganggu dalam link server pear to pear atau laptop dengan laptop mengakibatkan sulitnya data terkumpul dalam satu tempat untuk di akses hingga finalisasi/compile, juga belum datangnya tambahan 1 laptop untuk kegiatan ini, sebagai fungsi server, secara fisik dibutuhkan 2 laptop tapi status persetujuan RPU hanya 1 sehingga target 1 rumpun 1 laptop dalam pemberkasan belum tercapai. Secara garis besar pemberkasan yang dilaksanakan di Auditorium Moh. Djazman  berjalan baik, ada 332 peserta di semester ini terdaftar dalam dosen tersertifikasi untuk UMS, namun kembali kopertis terlambat dalam menginformasikan data update dosen terbaru maupun nomor serdos kepada PTS binaannya sehingga mengganggu verifikasi pemutahiran data, begitu pula dengan softfile BKD Mei 2013 yang digunakan belum terupdate sehingga banyak gelar dosen/ asesor yang sudah tidak sesuai.

Pertemuan Koordinasi antara LJM dan GJM

Pertemuan koordinasi antara staf LJM dan GJM terlaksana pada hari Senin, 26 Januari 2015 yang lalu diantara pokok permasalahan yang menjadi pembahasan adalah persiapan PBM semester genap 2014-2015, beberapa dibicarakan juga dari hasil audit sebelumnya mengenai tugas, wewenang dan eksistensi GJM di prodi, penyimpangan dosen terhadap standar mutu dan SOP. Untuk mencari pendekatan terhadap tugas GJM pada pertemuan tersebut pula GJM diberikan panduan tugas yang harus dijalankan dan disosialisasikan, sebagai refreshing diingatkan pada akhir kuliah mahasiswa biasanya mengisi EDOM (evaluasi dosen oleh mahasiswa) dimana penilaian ini sangat berguna untuk prasyarat pengisian PID, tetapi disamping itu untuk pengisisan edom perlu dipertanyakan juga integritas pengisian qeusioner tersebut di mahasiswa. Beberapa masukkan dari pertemuantersebut diantaranya GJM diharapkan prodi sebagai pelaku teknis dilapangan terutama pada waktu audit, koordinator menyusun acara silaturahmi ke gugus, diadakannya ruang koordinator GJM, pengeluaran surat Monev oleh LJM, dan pengumpulan hasil monev dalam bentuk soft kopi lewat koordinator ke LJM. Dan dengan telah diterbitkannya SK Rektor No.013/I/2015, maka ibu Rita Pramujiyanti Khotimah, S.Si., MSi dan ibu Dini Restiyanti P, S.Pd., M.Pd resmi sebagai pejabat GJM untuk Gugus D FKIP.

Audit RPPS/F Tengah Tahun 2014-2015

Senin sampai dengan Jumat (19-23) Januari terlaksana sebagai hari audit bagi LJM, selama 5 hari sebanyak 42 auditor telah membantu untuk mensukseskan kegiatan ini, namun masih ada beberapa prodi yang meminta penangguhan pada hari Sabtu dan Senin (24 & 26) Januari yang akan datang dikarenakan sesuatu hal, terima kasih kepada Tim  Auditor yang telah bersemangat dalam menjalankan tugasnya dan Service Satisfaction Guaranteed untuk unit IT terutama Bp. Bana Handaga, Ph.D yang telah membantu dalam infrastruktur jaringan dan maintenance band with selama audit ini berlangsung.

Pembekalan Audit

Sebanyak 42 auditor dari berbagai prodi berkumpul di Ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS Kamis, 15 Januari 2015 dalam rangka Pembekaan Audit tengah tahun Rpps/rpf RIT 2014-2015 dengan dipimpin oleh Ketua LJM ibu Nur Hidayati, Ph.D dan Kabid Monitoring dan Audit Mutu Ibu Erindyah RW, Ph.D, pertemuan berjalan lancar. Audit tengah tahun ini akan dilaksanakan mulai hari Senin 19 Januari 2015 dan akan berakhir pada hari Jumat 23 Januari 2015 kali ini ruang lingkup audit adalah audit sistem manajemen mutu (SMM), audit sasaran mutu (Sarmut) dan audit RPPS/RPF disamping itu program Pengembangan individual Dosen (PID) juga menjadi bagian audit khususnya untuk penyelenggaraan th. 2013-2014 dalam bidang-bidang penelitian, seminar dan pengabdian masyarakat maupun hibah.

Review Standar Mutu UMS

Pada hari Senin, 12 Januari Guru Besar UMS  dan beberapa struktural yang menjabat Biro maupun unit mengadakan pertemuan tentang review draft standar mutu dimana UMS diantaranya sudah memiliki dokumen penjaminan mutu, manual mutu, dan standar operasional tetapi untuk standar mutu perlu lebih fokus lagi dikarenakan dikeluarkannya Permen Menteri Dekdikbud No. 49 tahun 2014 tentang SNPT, karena itu perlu semua bagian dari kumpulan mutu-mutu tersebut dicapai, agar siklus penjaminan mutu di UMS dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya aturan Permen Dekdikbud tentang SNPT yang diantaranya
adalah, standar pendidikan,standar penelitian dan standar pengabdian pada masyarakat maka dalam rangka tupoksi LJM yang memiliki visi dan misi dalam peningkatan mutu PBM maka fokus pembahasan draft standar mutu adalah pada standar pendidikan, ada 8 standar wajib yang haris dimiliki PT yaitu standar kompetensi lulusan, standarisi pembelajaran, standar proses, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarpras, standar pengelolaan pembelajaran dan standar pembiayaan pembelajaran dan 1 standar indentitas, yang kesemuanya dibahas dalam pertemuan ini, dan akan dilanjut pada pertemuan pada tanggal 19 januari 2015 pada acara yang sama.

E-Learning Prodi

Kamis, 8 Januari 2015 yang baru lalu LJM mengadakan kembali pelatihan E-Learnig sebagai Pilot Project Prodi, kali ini yang mendapat kesempatan adalah Prodi Teknik Industri, sebagai pengenjawantahan dari aturan standar minimal adanya materi dalam bentuk E-Learnig maka di ujicobakan kepada dosen di prodi Teknik Industri, pelatihan di motori oleh Bp. Hari Prasetyo, Ph.D sebagai user dari software yang digunakan, untuk pelatihan ini digunakan software free dari schoology yang familiar dan user friendly, dimana tampilan selayaknya sebuah facebook, pada kesempatan itu pelatihan dihadiri oleh 9 Dosen dan 1 Dosen merangkap Kabid LJM Ibu Erindyah, Ph.D. .Pada akhir pelatihan program ini akan di tindaklanjuti oleh Bp. Hari dengan dosen-dosen pada Teknik Industri secara on-line.

Renovasi eks kantor KUI

Pada 6 Desember 2014 Kantor Urusan Internasional berpindah ke kantornya yang baru di jalan Dr. Rajiman Surakarta, sebagai kantor dan ruang kelas cukup mewakili kelas Internasional disana. Dengan telah ditinggalnya kantor tersebut Badan Administrasi Umum (BAU) mengadakan perbaikan kecil pada eksterior, dan akan dilanjut pada ineriornya jika peruntukkan ruang sudah jelas. Pada kesempatan yang baru lalu telah terjadi rolling jabatan pada pejabat struktural karena itu kemungkinan besar yang tadinya peruntukkan kantor eks-KUI tersebut untuk GJM berubah untuk peruntukkan kantor LJM & AI.

Kunjungan Helm USAID ke Perguruan Tinggi Mitra

Kamis, 18 Desember 2014, bertempat di Ruang Sidang Rektorat, UMS kedatangan Bp. Parapat Gultom bersama team sebagai regional koordinator dari Medan untuk HELM (Higher Education Leadership and Management),  Tujuan dari dari kunjungan ini adalah untuk mengumpulkan informasi progress prestasi institusi mitra, kemajuan pelatihan dan pembelajaran sebagai implementasi program-program Helm yang terdokumentasi dan peningkatan dukungan serta koordinasi dari Helm untuk institusi mitra. Pada kesempatan itu dihadirkan pula masing-masing PIC di UMS sebagai alumni Helm untuk mempresentasikan kemajuannya yang telah diperoleh.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS