Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Rapat Rutin LJM dan GJM (18 November 2014)

Pengembangan Staf Lembaga Penjaminan Mutu

Pada tanggal 11-15 November 2014 Kabid Pengendalian Sistem LJM mengikuti training di Smile Group Yogyakarta, dalam rangka memperkuat basis system rpps dan pid di ums, selama 5 hari Bp. Hari Prasetyo, Ph.D mendalami program PHP dan My SQL yang disesuaikan dengan data base server LJM.

8 November 2014 RPU LJM Confirm (selesai)

Sabtu, 8 November 2014 Program Pengembangan Unit dalam RPU Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) telah selesai dan di Confirm oleh Wakil Rektor I dan LJM, dalam perkembangan di tahun 2014-2015 ini beberapa program kelembagaan diantaranya Workshop penyusunan dokumen standar mutu berdasarkan SNPT 2014,  Pembuatan Instrumen dan Review Kurikulum yang mengacu pada KKNI, Penyusunan Panduan Teaching Grants UMS, Analisis gap standar AUN QA dengan sistem penjaminan mutu UMS, Penyusunan grand design sistem penjaminan mutu internal UMS, Proyek awal pelaksanaan E-Learning UMS dan Evaluasi, perbaikan dan sosialisasi sistem monitoring jurnal PBM.

Visitasi dari Tim Helm Usaid (30-31 Oktober 2014)

Pada hari Jumat tanggal 31 Oktober 2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) menerima kehadiran tamu dari HELM-USAID. Acara dipusatkan di ruang rapat LJM. Kunjungan tim HELM ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan yang diadakan oleh HELM-USAID di 4 (empat) perguruan tinggi mitra HELM baik swasta maupun negeri di Jawa Tengah, yang meliputi Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Adapun tim dari HELM yang mewakili antara lain : Abdul Rahman (QA Specialist), dan Menuk Primawati (QA Technical Assistant). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memantau proses dan kemajuan penyiapan APS/AIPT sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu berkelanjutan.

Ndherek Mangayubagyo dengan Kabid Pengendalian Sistem LJM yang baru dan yang akan meninggalkan LJM

Jumat, 17 Oktober 2014 sehabis shalat Jumat staf LJM bersama koordinator GJM bertolak ke RM. Rasa Mirasa di depan Goro Assalam untuk menutup tugas Ketua Bidang Pengendalian Sistem lama Bp. Jumadi, S.Si, M.Sc yang akan melanjutkan tugas belajarnya di Leeds University dan menyambut kedatang Kabid yang baru Bp. Hari Prasetyo, Ph.D, dalam sambutannya ka.unit LJM menyampaikan bahwa masih ada permintaan bantuan tugas penyempuraan program sebelumnya dan beberapa nasehat dari teman-teman staf maupun koordinator GJM.  Selamat jalan Bp. Jum semoga Kemurahan dan KemudahanNya selalu mendampingi Bapak dalam melanjutkan studinya dan untuk Bp Heri Selamat datang dan selamat bertugas.

Penyerahan Surat Kontrak RPPS/F RIT 2014-2015

Sebanyak 9 Dekan Fakultas dari 12 Fakultas di UMS dan 1 Direktur Pasca hadir dalam penyerahan  Kontrak RPPS 2014-2015 pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 di Ruang Sidang Rektorat, pertemuan ini di dampingi oleh Rektor dan dilanjutkan olek WR I, dalam arahannya WR I mengingatkan perkembangan UMS yang semakin pesat, maka pertambahan jumlah dosen akan mengikuti. Oleh karena itu UMS akan membuka kesempatan pada kandidat dosen sebanyak kurang lebih 20 dosen baru untuk mengisi kekurangan formasi dosen yang ada, namun dalam tanggapannya dengan para dekan pertambahan tersebut belum dapat mewakili keinginan fakultas.

Raker RPU GJM dan LJM

Bertempat di ruang pertemuan ljm (selatan KUI) pada Senin, 6 & 10 Oktober 2014 diadakan agenda kegiatan penyatuan visi misi dan sasaran mutu ljm kedepan bersama tamu undangan dari Gugus Penjaminan Mutu (GJM) dan Kabid LJM merencanakan pengembangan unit yang sejalan dengan kebutuhan GJM di wilayah kerjanya masing-masing, dan pada 8 November 2014 rencana kerja dari Ljm sudah disetujui oleh WR I dan siap dilaksanakan

Lounching PID terbaru tahun 2014

Setelah terbentuknya LPPI (Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah) UMS, dan dikembangkannya sistem Insentif terbaru serta dikeluarkannya Juknis atau petunjuk teknis PID (Pengembangan Individu Dosen) maka mulai 2 Oktober 2014 secara resmi pengusulan insentif dipindahkan ke my.ums.ac.id, menu pengusulan insentif pada PID sudah di non-aktifkan secara permanen, dalam acara lounching PID itu juga dibicarakan masalah pemberian insentif yang terbaik bagi peneliti di lingkungn UMS. Dibahas juga mengenai website kepakaran UMS; sebagai etalase jurnal UMS, Petunjuk Pelaksanaan Insentive Akademik UMS, SK Rektor 146/IV/2014, SK Insentive terbaru, yang efektive mulai Senin, 6 Oktober 2014,lalu web my.ums.ac.id, kemudian daripada itu data insentive ini nantinya akan digunakan sbg sumber Website kepakaran UMS, sumber dari semua produktivitas dosen ums.

Sosialisasi Program RPU Tahun 2014 ke Unit-Unit di UMS

Pada hari Senin, 29 September 2014 bertempat di Ruang Sidang BPH/WR III

Community Garden

Jumat, 5 September 2014 bermula Community Garden bertempat di Jl. Dr. Rajiman, kampus UMS ke 5, KUI dan LJM berkolaburasi untuk menghidupkan lahan yang disediakan untuk kegiatan tersebut, dengan fokus kepada tanaman cabai sisa lahan dialokasikan untuk taman sesungguhnya terutama adalah untuk peneduh, sedang tanaman produksi lainnya menjadi fokus kedua selain fungsi peneduh tadi. tampak dalam gambar Mas Endi Wasito dari KUI dan Partono (Toni) dari LJM sedang mengusahakan lahan yang keras dengan cuaca yang ekstrim panas menjadi hidup dan berbudaya.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS