Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Pembekalan Deskreview RPP/F RIT 2014-215 bagi Reviewer

(8/7-14) Bertempat di Ruang pertemuan LJM Reviewer deskreview proposal RPPs/F Online mendapatkan pengarahan dari wakil rektor I Dr.muhammad Da'i,  bahwa pilar utama PTS termasuk PTM adalah mahasiswa keberlanjutannya ditopang oleh stabilitas msuknya mahasiswa baru, diantara faktor penilaiannya adalah lulusan dan reputasi UMS terutama scientific productivity karena itu RPPS adalah upaya mendorong dosen/prodi produktif secara ilmiah. Dari pertemuan presentasi pimpinan fakultas (3/7-14) yang baru lalu perlu digaris bawahi adalah aktivitas fakultas benar-benar untuk mendorong sasasran mutu prodi/ fakultas,

Presentasi Pimpinan Fakultas dalam penyusunan RPPS/F RIT 2014-2015

(3/7-2014) Bertempat di Ruang Seminar Lantai II Fakultas Ekonomi dan Bisnis dilangsungka presentasi pemaparan program RPPS RIT 2014-2015 oleh Kepala pimpinan (dekan) 12 Fakultas dan 1 Direktur Pasca Sarjana, dalam sambutannya rektor menyatakan bahwa Jurnal ilmiah adalah kunci dari peringkat suatu universitas di dunia karena itu pembiayaan untuk mendorong peningkatan jurnal perlu diperhatikan, disamping itu wakil rektor I masih mensyaratkan bahwa pentingnya rpps dalam peningkatan akreditasi suatu prodi dan fakultas.

link Webometric

Audit RPPS/F/U akhir tahun 2013-2014

Dimulai pada hari Jumat, 20 Juni 2014 hingga 27 Juni 2014 seluruh Fakultas dan prodi juga unit mengikuti kegiatan audt yang digelar selama seminggu dan di koordinasi oleh LJM melalui Kabid  Monitoring dan audit Mutu, selama perjalanan ditemui over traffic maupun crash dalam pelaksanaan sistem audit online  ini dikarenakan sistem rpps yang terintegrasi dengan storing database sehingga mengganggu suasana pencampaian target waktu yang sudah terjadwal sebelumnya, juga bersamaan dengan itu masih banyak prodi yang melakukan input data kegiaan sebagai laporan audit yang  akan dipertanggungjawabkannya kepada auditor. Untuk kedepan UMS sudah memsiapkan dengan pengadaan server ganda bagi program rpps ini, sehingga diharapkan gangguan aktifitas audit dapat terminimilisasi dengan optimal. apalagi agenda selanjutnya aktifitas rpps ini adalah negocosting online yang juga memerlukan kemampuan sistem yang lebih baik. Secara keseluruhan audit dapat berjalan baik walau kemunduran jadwal kurun terjadi, kedepan adalah rpps tahun perencanaan II dari empat tahunan masa penganggaran rpps setiap periodenya, untuk efektifitas pekerjaan dan persiapan audit bersama dengan IT diharapkan dapat dikoordinasikan jauh lebih sempurna.

Berikut daftar nama auditor rpps akhir tahun rit 2013-2014 unduh, dan jadwal kegiatan rpps rit 2014-2015 unduh

Pembekalan Audit Akhir Tahun 2013-2014

(16/6-14) Pembekalan Audit Akhir Tahun 2013-2014, dilaksanakan di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis lt.II, dengan dibuka oleh Ketua LJM ibu Nur Hidayati, Ph.D, dilanjutkan dengan pemaparan teknis pelaksanaan audit dan simulasi online audit, sebagai berikut :

1. Ruang lingkup teknis pelaksanaan audit meliputi:

2. Langkah-langkah audit:

      3. IKU Prodi/Fakultas

      4. IKU Unit

      5. Komentar Auditor

Penyegaran materi SMM bagi GJM

(14/6-14) Kegiatan ini lebih banyak kepada sharing pengalaman dan refreshing menguatkan kembali dikarenakan sebagian  anggota GJM adalah merupakan eks-KaPMP terdahulu, dan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sudah terintegrasi dalam pengelolaan pendidikan, sehingga kegiatan ini adalah sebagai modal dan pengawal penjaminan mutu pada tingkat fakultas dan prodi, pada kesempatan ini materi dibagi menjadi tiga sesi yaitu sistem penjaminan mutu pt/ums, pengelolaan dokumen dan audit.

Mutu dalam definisi dan standart/spek pt (dikti), dan iso concern dalam pelayanan mutu kepada stakeholder, bersifat dinamis. Fokus mutu adalah pada proses, karena itu perlu pengawalan agar tercapai mutu yang diharapkan, sebagai contoh aspek biaya pada stake holder diharapkan mutu juga baik dan dapat diterima dalam dunia kerja (indikator/tuntutan user),  disamping itu sebagai efektifitas dan efesiensi perguruan tinggi itu sendiri.

Sosialisasi Panduan RPPS/F RIT 2014

(18/6-14) Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknik sosialisasi panduan rpps/f ini diadakan. Dalam perjalanannya walaupun masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan program, namun secara keseluruhan program rpps/f/u ini mampu membawa perubahan dalam dinamika pengembangan UMS, terutama dimulainya budaya perencanaan dan pelaporan secara sistimatis. Disamping itu, WR 1 dalam prakata pembukaan juga menyampaikan bahwa rpps telah mampu mendongkrak status akreditasi beberapa prodi  diantaranya di FEB dan FKIP. Maka sesuai amanat Renstra 2014-2018 program rpps dilanjutkan untuk mengatasi kondisi internal UMS yang masih perlu diadakan pembenahan. Target yang diharapkan dari program ini adalah mempertahankan status akreditasi bahkan meningkatkannya.

Panduan dapat diunduh pada laman rpps.ums.ac.id.

Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran

Penyerahan SK GJM

(2/6-14) Sebanyak 22 dosen yang tergabung dalam Gugus Penjaminan Mutu UMS (GJM) menerima SK tugas baru sebagian daripadanya adalah mantan dosen yang menjabat sebagai KaPMP, untuk itu mereka kembali akan menerima tugas sebagai agen Institusi yang mewakili gugusnya untuk memonitor dan mengevaluasi proses kegiatan akademik prodi dan fakultas, melakukan pengendalian mutu SDM dan sarana prasarana pada kegiatan akademik, memonitor dan mengevaluasi pencapaian sasaran mutu prodi dan fakultas pada akhir tahun, termasuk RPPS,RPF, indeks kinerja prodi maupun fakultas, melaksanakan survey dan analisis kepuasan layanan akademik mahasiswa, mengontrol pelaksanaan ujian dan membuat laporan pelaksanaan penjaminan mutu fakultas kepada pimpinan fakultas dan LJM. Ke 22 dosen tersebut adalah Dra. Atiqa Sabardila, M.Hum, Muzakar Isa, S.E., M.Si., Achmad Dwityanto O, S.Psi., M.Si., Dra. Wafiatun Mukhromah, M.M., Drs. Yuli Tri Cahyono, Ak, MM, Drs. Triyono, M.Si., Muchamad Iksan, SH., MH., Pramudya Kurnia, STP., M.Agr., Noor Alis Setiadi, SKM., MKM, Broto Santoso., M.Sc, Apt., dr. Budi Hernawan, Dr. Qomarun, M.M., Ir. Subroto, MT, Kuswartomo, S.T., M.T., Drs. Joko Sutarso, S.E., M.Si., M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P., Fitri Puji Rahmawati, S.Pd., M.Hum, M. Fakhrur Saifudin, S.Pd., M.Pd., Danang Tunjung Laksono, S.Pd., M.Pd, Muhammad Thoyib, S.Pd., Drs. Harun, M.H..

Kunjungan Staf BPM UM Magelang

(28/5-14) 

Staf BPM Unmuh Magelang mengadakan kunjungan ke LJM UMS diantaranya adalah Ibu Sambodo Sriadi Pinilih, Heni Hendrawati, Nurul Maghfiroh dan Surahman, kebanyakan dari alur fokus pembicaraan adalah adanya target akreditasi institusi dan peningkatan akreditasi prodi yang sudah ada.

Kunjungan LJM ke BPM Unnes Semarang

Pada tanggal  14 Mei 2014, Lembaga Penjaminan Mutu yangterdiri dari Ibu Nur Hidayati. PhD, Bapak Jumadi, S.Si.M.Sc, Ibu Erindyah Retno Wikantyasning, M.Si., Ph.D, Kelik Wardiono,S.H.,M.H. serta Bapak Partono,S.E melakukan studi banding ke Badan Penjaminan Mutu Univeristas Negeri Semarang (BPM-UNNES).

Pada pertemuan tersebut, Ketua BPM-UNNES Bapak Dr. Sugianto, M.Si dan Sekretaris BPM Bapak Agung Yulianto, S.Pd, M.Si, yang didampingi oleh unsur pimpinan BPM-UNNES: (1) Bidang Pengembangan SPMI; (2) Bidang Pengendalian Dokumen/Rekaman; (3) Bidang Monev dan Audit Mutu Internal, serta Ketua Gugus Penjaminan Mutu yang ada di UNNES, memberi penjelasan secara lengkap dan detail, bagaimana UNNES membangun dengan mengembangankan Sistem Penjaminan Mutunya.

Berdasarkan penjelasan dan diskusi yang dilakukan terdapat beberapa hal penting, yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran, yaitu :  (1) pembangunan sistem penjaminan mutu,  akan berjalan dengan relatif baik, bila budaya mutu telah terbentuk.  Untuk dapat membangun budaya mutu bisa dilakukan dengan dua cara; (a) adanya komitemen dari pimpinan Universitas/ Fakultas dan Progarm studi; (b) pembangunan sistem penjamina mutu yang selalu di kontrol; (2) Salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap unit kerja untuk menyiapkan bukti-bukti fisik yang bersifat adminitratif, bisa teratasi dengan dibuat dan dikembangnnya sistem penjaminan mutu secara on-line;

 Semoga studi banding yang dilakukan, akan memberi manfaat bagi pengembangan sistem penjaminan mutu di Universitas Muhammadiyah Surakarta

 
Copyright © 2012 LJM-UMS