Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Audit RPPS/F Tengah Tahun th. 2014-2015

Senin sampai dengan Jumat (19-23) Januari terlaksana sebagai hari audit bagi LJM, selama 5 hari sebanyak 42 auditor telah membantu untuk mensukseskan kegiatan ini, namun masih ada beberapa prodi yang meminta penangguhan pada hari Sabtu dan Senin (24 & 26) Januari yang akan datang dikarenakan sesuatu hal, terima kasih kepada Tim  Auditor yang telah bersemangat dalam menjalankan tugasnya dan Service Satisfaction Guaranteed untuk unit IT terutama Bp. Bana Handaga, Ph.D yang telah membantu dalam infrastruktur jaringan dan maintenance band with selama audit ini berlangsung.

Pembekalan Audit

Sebanyak 42 auditor dari berbagai prodi berkumpul di Ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS Kamis, 15 Januari 2015 dalam rangka Pembekaan Audit tengah tahun Rpps/rpf RIT 2014-2015 dengan dipimpin oleh Ketua LJM ibu Nur Hidayati, Ph.D dan Kabid Monitoring dan Audit Mutu Ibu Erindyah RW, Ph.D, pertemuan berjalan lancar. Audit tengah tahun ini akan dilaksanakan mulai hari Senin 19 Januari 2015 dan akan berakhir pada hari Jumat 23 Januari 2015 kali ini ruang lingkup audit adalah audit sistem manajemen mutu (SMM), audit sasaran mutu (Sarmut) dan audit RPPS/RPF disamping itu program Pengembangan individual Dosen (PID) juga menjadi bagian audit khususnya untuk penyelenggaraan th. 2013-2014 dalam bidang-bidang penelitian, seminar dan pengabdian masyarakat maupun hibah.

Review Standar Mutu UMS

Pada hari Senin, 12 Januari Guru Besar UMS  dan beberapa struktural yang menjabat Biro maupun unit mengadakan pertemuan tentang review draft standar mutu dimana UMS diantaranya sudah memiliki dokumen penjaminan mutu, manual mutu, dan standar operasional tetapi untuk standar mutu perlu lebih fokus lagi dikarenakan dikeluarkannya Permen Menteri Dekdikbud No. 49 tahun 2014 tentang SNPT, karena itu perlu semua bagian dari kumpulan mutu-mutu tersebut dicapai, agar siklus penjaminan mutu di UMS dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya aturan Permen Dekdikbud tentang SNPT yang diantaranya
adalah, standar pendidikan,standar penelitian dan standar pengabdian pada masyarakat maka dalam rangka tupoksi LJM yang memiliki visi dan misi dalam peningkatan mutu PBM maka fokus pembahasan draft standar mutu adalah pada standar pendidikan, ada 8 standar wajib yang haris dimiliki PT yaitu standar kompetensi lulusan, standarisi pembelajaran, standar proses, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarpras, standar pengelolaan pembelajaran dan standar pembiayaan pembelajaran dan 1 standar indentitas, yang kesemuanya dibahas dalam pertemuan ini, dan akan dilanjut pada pertemuan pada tanggal 19 januari 2015 pada acara yang sama.

E-Learning Prodi

Kamis, 8 Januari 2015 yang baru lalu LJM mengadakan kembali pelatihan E-Learnig sebagai Pilot Project Prodi, kali ini yang mendapat kesempatan adalah Prodi Teknik Industri, sebagai pengenjawantahan dari aturan standar minimal adanya materi dalam bentuk E-Learnig maka di ujicobakan kepada dosen di prodi Teknik Industri, pelatihan di motori oleh Bp. Hari Prasetyo, Ph.D sebagai user dari software yang digunakan, untuk pelatihan ini digunakan software free dari schoology yang familiar dan user friendly, dimana tampilan selayaknya sebuah facebook, pada kesempatan itu pelatihan dihadiri oleh 9 Dosen dan 1 Dosen merangkap Kabid LJM Ibu Erindyah, Ph.D. .Pada akhir pelatihan program ini akan di tindaklanjuti oleh Bp. Hari dengan dosen-dosen pada Teknik Industri secara on-line.

Renovasi eks kantor KUI

Pada 6 Desember 2014 Kantor Urusan Internasional berpindah ke kantornya yang baru di jalan Dr. Rajiman Surakarta, sebagai kantor dan ruang kelas cukup mewakili kelas Internasional disana. Dengan telah ditinggalnya kantor tersebut Badan Administrasi Umum (BAU) mengadakan perbaikan kecil pada eksterior, dan akan dilanjut pada ineriornya jika peruntukkan ruang sudah jelas. Pada kesempatan yang baru lalu telah terjadi rolling jabatan pada pejabat struktural karena itu kemungkinan besar yang tadinya peruntukkan kantor eks-KUI tersebut untuk GJM berubah untuk peruntukkan kantor LJM & AI.

Kunjungan Helm USAID ke Perguruan Tinggi Mitra

Kamis, 18 Desember 2014, bertempat di Ruang Sidang Rektorat, UMS kedatangan Bp. Parapat Gultom bersama team sebagai regional koordinator dari Medan untuk HELM (Higher Education Leadership and Management),  Tujuan dari dari kunjungan ini adalah untuk mengumpulkan informasi progress prestasi institusi mitra, kemajuan pelatihan dan pembelajaran sebagai implementasi program-program Helm yang terdokumentasi dan peningkatan dukungan serta koordinasi dari Helm untuk institusi mitra. Pada kesempatan itu dihadirkan pula masing-masing PIC di UMS sebagai alumni Helm untuk mempresentasikan kemajuannya yang telah diperoleh.

Launching Pedoman Penyusunan Kurikulum

Senin, 15 Desember 2014 bertempat di Ruang Seminar Gedung G Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS telah diperkenalkan (launching) Pedoman Penyusunan Kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kulifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pedoman ini tertuang dalam SK Rektor No. 194/II/2014 tertanggal 10 Desember 2014, diantara clausal keputusan SK tersebut berbunyi : Pengesahan Pemberlakuan Pedoman Kurikulum yang mengacu pada KKNI dan SNPT yang akan mulai diberlakukan pada semester genap tahun akademik 2014/2015. Pada kesempatan tersebut juga dipresentasikan materi kurikulum terkait dengan KKNI dan SNPT oleh Bp. Drs. M. Musiyam, MT dan Ibu Nur Hidayati, Ph.D yang menyampaikan materi permasalahan PID. Semoga dengan pemberlakuan kurikulum ini semakin meningkatkan mutu output dari lulusan perguruan tinggi UMS pada khususnya.

Rapat Informal Evaluasi Monitoring Jurnal Perkuliahan

Rabu, 3 Desember 2014, bertempat di Ruang Rapat LJM (timur) dilangsungkan Evaluasi Monitoring Jurnal perkuliahan yang merupakan bagian dari Program Rencana Pengembangan Unit LJM yaitu Evaluasi, perbaikan dan sosialisasi sistem monitoring jurnal PBM dengan nara sumber sistem dari unit Information Tekhnologi (IT) Wuryanto Haunans. ST, hadir dalam rapat tersebut.   Dibahas dalam pertemuan tersebut permasalah pengisian yang tidak lengkap, diantaranya materi, jumlah mahasiswa dan dosen pengampu yang jarang diisi dan kesemuanya berkepentingan pada  validitasi data pada biro keuangan.

Rapat Rutin LJM dan GJM

Selasa, 18 Nopember 2014 sebagai awal dimulainya lagi koordinasi antar LJM dan GJM, masih sebagaimana pertemuan GJM sebelumnya pertemuan ini membahas perkembangan dari monitoring pembelajaran dan memperkenalkan pengganti Kabid pengendalian sistem dan dokumen mutu yang baru Bp. Hari Prasetya, Ph.D, pada kesempatan ini GJM yang hadir GJM (A) dari Fak. PSikologi, Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen, GJM (B) Prodi Gizi, GJM (C) Prodi Komunikasi, PGSD, GJM (D) PPKn, dan FAI serta satu Kaprodi yang mewakili tugas dari GJM Bahasa Indonesia.

Pengembangan Staf Lembaga Penjaminan Mutu

Pada tanggal 11-15 November 2014 Kabid Pengendalian Sistem LJM mengikuti training di Smile Group Yogyakarta, dalam rangka memperkuat basis system rpps dan pid di ums, selama 5 hari Bp. Hari Prasetyo, Ph.D mendalami program PHP dan My SQL yang disesuaikan dengan data base server LJM.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS