Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Audit Internal Akhir Tahun Anggaran 2015-2016

(4/7-16) Selama kurang lebih 9 hari sejak Kamis 14 Juli 2016 atau 1 hari setelah masuk libur hari raya audit internal bagi prodi, fakultas maupun unit pendukung dilaksanakan, sebagai bentuk pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2015-2016, diantaranya auditor semester ini berjumlah 41 orang yang terdiri dari tenga pengajar (dosen) UMS tersertifikat auditor internal mengaudit 69 prodi, fakultas dan unit. Untuk beberapa unit yang belum mengikuti RPU juga dilakukan audit sasaran mutunya diantaranya HRD/BPSDM, BAU, LPPI, KUI, Humas, Audit Internal, dan Kantor Keuangan. Tampak dalam gambar audit di prodi Akuntansi FEB bersama auditi Bp. Dr. Zufikar dan Auditor  Bp. Ahmad kholid Alghofari, ST., MT.

Pembekalan Audit RPPS/RPF akhir tahun 2015-2016

(13/7/16) Lembaga Penjaminan Mutu mengadakan pertemuan diawal-awal sesudah liburan panjang kerja, untuk mempersiapkan audit yang akan dilaksanakan pada sehari sesudahnya, diantara materi pembekalan yang dibawakan oleh Bp. Pramudya kurnia sebagai pejabat baru pengganti ibu Erindyah, 1. penyegaran tentang audit mutu, peran dan tanggung jawab auditor, 2. teknis pelaksanaan audit meliputi ruang lingkup dan cara pelaksanaan audit serta langkah-langkahnya.,3. penjelasan tambahan pertanyaan sistem manajemen mutu, dan 4. simulasi audit. Simulasi berjalan lancar namun belum adanya pertanyaan standar untuk sistem manajemen mutu dan standar mutu (SMM), sehingga tidak ada pembahasan untuk pengembangan SMM, pertemuan diteruskan dengan dan diakhiri dengan sharing dan diskusi.

Pelatihan Penyusunan Evaluasi Diri Borang Akreditasi Prodi dan Pengelola RPPS/RPF

(25/6-16) Diikuti oleh kurang lebih 59 peserta LJM mengadakan pelatihan penyusunan evaluasi diri standart akreditasi dengan maksud meningkatkan pemahaman pimpinan prodi dan fakultas dalam menyusun evaluasi diri baik untuk lampiran borang akreditasi maupun dalam penyusunan rpps dan rpf. Sebagai acuan perbaikan evaluasi diri sangat dibutuhkan sebagai standart mutu suatu prodi maupun fakultas. Pemaparan materi disajikan dalam waktu 45 menit dilakukan oleh Dr. Muhammad Dai, M.Si., Apt. (WR I) selaku reviewer dikti dan dipandu oleh sdr. Hari Prasetyo, Ph.D dari LJM, beberpa point yang perlu diperhatikan adalah; 1) kesalahan-kesalahan dalam penyusunan evaluasi diri yang antara lain; kurangnya data dan informasi, dan deskripsi terlalu normatif (tidak objektif). 2) Perlu disampaikan progress secara secara agregat sebelum menjelaskan evaluasi diri terhadap point standart 1-7, 3) Hasil evaluasi diri digunakan sebagai acuan dalam penyusunan renstra, dan 4) Evaluasi diri harus mampu mengungkap masalah dan menjadikannya solusi.

Rapat Persiapan Rencana Pengembangan Unit LJM tahun 2016-2017 (Pra Raker)

(23/6-16) Merupakan saran masukan guna mengapresiasi GJM dalam wadah yang lebih besar yaitu Lembaga Penjaminan Mutu terhadap kendala atau permasalahannya dan dicarikan solusi dalam penyusunan RPU mendatang. terjadi kebersamaan dan kemudahan langkah dalam menjalankan tugas sebagai GJM

LJM-P2AI Mengadakan Pelatihan e-learning Schoology di SM Al-Firdaus

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat LJM-P2Ai UMS mengadakan pelatihan e-learning ke pada guru-guru SM Al-Firdaus pada tanggal 20 Juni 2016, sebanyak 50 guru memadati ruang pelatihan yang berada di lantai 2, dengan semangat yang tinggi para guru menikmati pemaparan tutorial software freeware dari Schoology namun pelatihan yang pure 100% mensyaratkan jaringan internet yang memadai belum memenuhi target sehingga menyebabkan pelatihan agak tersendat-sendat. Namun secara aplikatif guru-guru sangat menyukai dan bertekad dapat mengimplementasikannya pada proses belajar mengajar di sekolah.

Pamitan Ibu Erindyah RW

Kamis, 1 Juni 2016, bagi LJM adalah saat-saat yang paling mengharukan setelah selama 3 tahun ibu Erindyah Retno Wikantyasning, M.Si., Ph.D telah menemani sebagai Kabid Monitoring dan Audit Mutu LJM UMS harus meninggalkan tugasnya untuk mejalankan tugasnya yang baru sebagai Wakil Dekan I di Fakultas Farmasi, walau disatu sisi kami sangat berat tetapi tugas yang baru akan mendekatkannya dan fokus dalam tugasnya  sebagai seorang dosen Farmasi. Semoga ditempat yang baru ibu Erindyah Retno Wikantyasning, M.Si., Ph.D akan semakin mengembangkan profesionalismenya sebaik sebagai seorang auditor juga kepala bidang penjaminan mutu Universitas  dan WD I di Fakultas Farmasi.

Studi Banding UKSW

Kamis, 1 Juni 2016 Sepuluh staf Pusat Penjaminan Mutu Akademik (PPMA) atau (LPMAI) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga mengadakan studi banding ke UMS dan UNS pada hari yang sama, kehadiran di UMS bertempat di ruang rektorat, dikomandoi oleh Wakil Rektor II UMS Bp. Sarjito, Ph.D dan UKSW oleh ibu Wati H. Daewangga dan Bp. Sri Yulianto,

Tujuan kegiatan ini untuk belajar :
  1. Bagaimana pengelolaan Penjaminan mutu di Tingkat Universitas
  2. Bagaimana pengelolaan penjaminan mutu di Tingkat Fakultas
  3. Pelaksanaan Audit Internal
  4. Bagaimana pengelolaan Pangkalan data untuk Akreditasi Institusi atau Akreitasi Program studi
  5. Bagaiamana penerapan KKNI di UMS
staf LPMAI dan Penjaminan Mutu dari Fakultas yang ikut dalam rombongan berjumlah sekitar 10 orang sedang dari UMS didampingi oleh Tim LJM, IT, BAA dan LPPI.

Presentasi Teaching Grant

Sebagai kelanjutan dari tahap desk review maka pada tanggal 21 Mei 2016 teaching grant memasuki tahap presentasi proposal, sedang proposal yang dikategorikan lolos pada tahap ini dengan judul Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dalam Proses Asuhan Gizi melalui Metode Pembelajaran Aktif Berbasis Multiple Intelligences (MI) pada prodi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pengembangan Modul Audiovisual dengan Desain Instruksional Model Dick and Carey pada Mata Kuliah Blok Learning Skill and Information technology di Fakultas Kedokteran. Finalis pada kesempatan ini mempresentasikan proposalnya di depan dewan reviewer, selanjutnya finalis melengkapi perbaikan proposal sesuai komentar reviewer untuk diajukan kembali untuk menerima bantuan penelitian.

Proposal Teaching Grand mulai direview

Rabu, 11/5-16, sejumlah proposal Teaching Grand yang masuk telah diserah terimakan ke Reviewer diantaranya Dr. Abdullah Aly, M.Ag dan R.M. Amin Sunarhadi, S.Si., MP. untuk menjalani penilaian dan proses selanjutnya, diantara proposal itu adalah Pemanfaatan Fitur Smartphone pada Mata Kuliah Praktek Massage Therapy, Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dalam Proses Asuhan Gizi melalui Metode Pembelajaran Aktif Berbasis Multiple Intelligences (MI), Pengembangan Modul Audiovisual dengan Desain Instruksional Model Dick and Carey pada Mata Kuliah Blok Learning Skill and Information technology di Fakultas Kedokteran. Peserta yang layak untuk menjalani proses selanjutnya akan diundang untuk melakukan tahapan presentasi pada tanggal 21 Me 2016.

Pelatihan Pengisian Borang Akredtiasi Prodi

Rabu, 4 Mei 2016 diikuti oleh lebih kurang 48 peserta dari prodi dan tim akreditasi prodi juga GJM mengikuti Pelatihan Pengisian Borang Akreditasi Prodi, yang di narasumberi oleh Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd, dengan penyajian yang menarik, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu akademik dalam rangka membangun universitas yang unggul. pelatihan ini diikuti oleh semua fakultas baik yang sudah mengajukan atau baru mengajukan akreditasi prodi di lingkungan universitas.  Tuntutan menjadi universitas yang unggul dalam akademik mensyaratkan dilakukan penataan-penataan untuk mengatasai persoalan-persoalan yang ada. Ada banyak tantangan-tantangan yang harus diselesaikan dan hadapi, salah satu persiapan ini adalah melakukan pelatihan ini. Beberapa jurusan di jajaran universtas telah mengajukan akreditasi dari BAN PT dan sebagian menunggu untuk visitasi, tentunya kita mengharapkan hasil maksimal.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS