Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

RTM tengah tahun 2013-2014

(8/4-14) Pertemuan RTM membahas hasil audit unit pada tanggal 12-13 Maret 2014 diadakan di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis lantai 2, dengan formasi Rektor, Wakl Rektor, Auditor dan Unit-unit terkait, beberapa unit yang tidak termasuk dala rencana Pengembangan unit juga ikut dilakukan audit khususnya pada kinerja unit dalam menjalankan sistem manajemen mutu (SMM) diantaranya adalah IT, Kantor keuangan, kantor urusan Internasional, Humas, dan Rektorat,. Secara umum pencapaian IKU unit pada tengah tahun 2013/2014 cukup baik, dengan nilai IKU telah melampaui 90%. Namun nilai IKU ini belum menggambarkan pencapaian yang sesungguhnya, karena banyak kegiatan yang diabaikan atau ditunda auditnya. Sebagaian besar pimpinan unit mengeluhkan proses pencairan anggaran yang terlambat, dan juga proses pengadaan barang oleh BAU yang sebagian besar belum terlaksana.

Kunjungan UMY ke UMS

(28/3-14) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat kunjungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), untuk ngangsu kawruh (menimba ilmu) tentang bidang Peningkatan dan pengembangan aktivitas Instruksional (P2AI) pada sesama PTM walau dalam akreditasi UMS berada satu jenjang dibawahnya tapi mampu mempelopori keberadaan P3AI (sekarang P2AI) di Perguruan Tinggi Muhammdiyah (PTM) di Indonesia karena sudah berumur 8 tahun sejak adanya hibah TPSDP (Technological and Profesional Skill Development Sector Project) Program yang bersumber dari dana bantuan ADB (Asian Development Bank) melalui Dirjen Dikti Depdiknas. Ialah mereka Bp. Isparianto, Bp. Yulianto, A. dan Bp. Dr. Suryanto dari LPP (Lembaga Pengembangan Pembelajaran) UMY beberapa yang menjadi acuan bagi mereka adalah pengembangan Penilaian PBM (Proses Belajar Mengajar) dan penilaian IKD (Indeks Kinerja Dosen) yang menjadi perhatian UMY.

Audit SMM dan RPU unit

Untuk kali selama 2 hari dari 12-13 Maret 2014 ini audit dilakukan untuk semua unit di lingkungan UMS baik unit yang mengajukan program RPU maupun yang tidak, bagi unit yang tidak mengikuti program RPU dilakukan audit SMM mengikuti implementasi unit yang sudah tersertifikasi ISO 9001:2008, tetapi bagi unit sesungguhnya harus memiliki rencana pengembangan dan haruslah mengkondisikan improvement karena itu  juga harus melalui audit, sedangkan bagi unit yang sudah terISO lebih kepada tindakan perbaikan dan temuan, untuk wilayah rektorat mengacu pada strategi kebijakan pusat, dan khusus bagi auditor disediakan kolom isian check list yang harus dibuat oleh auditor sebelum melakukan audit pada program rpps seperti biasanya.

Penyederhanaan SOP Unit

Kamis, 6 Maret dilaksanakan agenda lanjutan persiapan update dan Penyederhanaan SOP unit, yang sebelumnya dilaksanakan 19 Februari 2013 di LJM berhubung tempat yang tidak memadai agenda ini dialihkan ke Rektorat, kegiatan masih pada tingkat Pemetaan dan pengurutan Proses bisnis unit, pembagian tugas dan wewenang, yang dijabarkan dalam presentasi unit masing-masing, hasil yang masuk masih harus distandarisasi pada basis SPMI

PENGUMPULAN KONTRAK BKD GENAP 2013-2014

Menindaklanjuti surat Kopertis No; 197/K6/PT/2014 tertanggal 12 Februari  2014 mengenai penyerahan Kontrak Beban Kerja Dosen bersertifikat pendidik untuk semester Genap 2013-2014, kami beritahukan bahwa Kontrak Beban Kerja dibuat dengan menggunakan software aplikasi BKD terbaru 27 Mei 2013, ditandatangani dosen yang bersangkutan dan kaprodi masing-masing, untuk hardcopy maupun sofcopy dikumpulkan secara kolektif oleh prodi dan diserahkan ke Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) dengan batas waktu  Sabtu, 15 Maret 2014.

Software aplikasi BKD terbaru 27 Mei 2013 dapat Bapak/Ibu dosen unduh disini.

SK mengajar semester Genap 2013-2014 unduh disini

Pengisian nama peserta menggunakan lampiran tanda terima kontrak BKD dari kopertis6 unduh disini

Laporan Hasil Audit Tengah Tahun TA 2013/2014

Kamis, 20 Februari 2014 bertempat di ruang serba guna auditorium Moh Djazman dilangsung pemaparan hasil audit RPPS/RPF dan SMM dari Fakultas dan prodi untuk tengah tahun anggaran 2013/2014 yang umum dikenal sebagai RTM, Laporan hasil audit ini seperti yang telah dilangsungkan dari tanggal 27 Januari 2014 - 1 Februari 2014 (Non pengadaan), sebanyak 41 auditor dan 48 auditee termasuk didalam  kegiatan audit kali ini. sedangkan temuan yang dituangkan dalam PTPP terdapat dalam temuan audit SMM yang dibagi dalam 5 bagian yaitu sasaran mutu, renstra, SOP, dokumentasi, lain-lain. untuk daftar IKU yang tertinggi terdapat pada beberapa prodi diantaranya adalah Teknik Industri, PAUD,  Pendidikan Matematika, FEB, Magister Sains Psikologi, Magister Manajemen, Kesehatan Masyarakat, dan Farmasi yang mencapai 100 sedangkan terkecil adalah pada IKU 69.97 secara umum dapat disimpulkan bahwa IKU ≥ 77 mencapai 97,92 % suatu kemajuan yang sangat besar dibandingkan pada awal pelaksanaan rpps ini yang hanya dikisaran 24,53%.

Pembekalan Dosen Baru UMS Tahun 2014

Bersamaan dengan proses penilaian dosen bersertifikasi, UMS juga mengadakan kegiatan pembekalan bagi dosen baru tahun 2014 selama 2 (dua) hari, sebanyak 14 (empat belas) orang dosen baru diberikan pengarahan baik oleh wakil rektor 1 dan  2 maupun oleh unit-unit terkait yang ada di UMS khususnya yang berhubungan dengan PBM, Kepegawaian dan penelitian, rencananya dosen-dosen baru akan menjalani proses pelatihan selanjutnya yang dijadawalkan selama 3 minggu, demikian yang disebutkan oleh ibu Mauly Halwat Hikmat, Ph.D selaku ketua bidang P2AI, diantara dosen baru UMS yang mengikuti pembekalan tersebut sebagai berikut berturut-turut adalah dr. Safari Wahyu Jatmiko, Nadia Nurani Isfarin, SH., LL.M, Aulia Kirana, S.Psi, drg. Noor Hafida Widyastuti, Sp. KG, dr. Dodik Nursanto, Putri Agustina, S.Pd., M.Pd, drg. Septriyani Kaswindiarti, drg. Nilasary Rochmanita Suparno, drg. Juwita Raditya Ningsih, dr. Listianan Masyita Dewi, Kusuma Estu Werdani, SKM., M.Kes, Mohamad Waluyo, S.Pd, Ika Candra Sayekti, S.Pd., M.Pd., dr. Erika Diana Risanti.

Penilaian laporan BKD Semester Gasal 2013-2014

Senin, 10 Februari 2014 di Auditorium Muh. Djazman  tidak kurang dari 308 berkas laporan kinerja dosen UMS bersertifikat Pendidik dalam semester Gasal Tahun 2013-2014 dilakukan penilaian atau evaluasi oleh asesor internal dan eksternal,  sedangkan untuk jumlah asesor aktif  tidak kurang dari 104 dosen dari internal dan 4 dosen berstatus guru besar dari eksternal, selain itu Panitia pemberkasan BKD UMS juga menerima penyertaan penilaian BKD yang datang dari institusi eksternal diantaranya : UNIBA, UNISRI,  Universitas Widya Darma Klaten,  Stikes Aisyah Surakarta, UMM magelang, Akademi Kebidanan Citra Medika, Akademi Warga, universitas Muria Kudus.

BKD semester Gasal 2013-2014

 Jum'at, 7 Februari 2014 menjadi waktu pelaporan bagi dosen bersertifikasi pendidik UMS dimana waktu ini sangat berdekatan dengan masa-masa input nilai UAS, boleh dikatakan dosen-dosen sebagian besar belum siap, tapi masih ada satu hari pelaksanaan yaitu hari Sabtu besok sebagai penerimaan berkas terakhir. Untuk kali ini perbaikan terlihat pada panduan BKD 2014 yang sudah disahkan Rektor, dan tandatangan yang diwajibkan menggunakan tinta biru. Disamping itu pelaksanaan BKD kali ini juga bersamaan dengan masa pengisian SIPKD yang berakhir 28 Februari 2014 yang akan datang sehingga hasil pemberkasan kali ini langsung dapat diinput untuk pelaporan SIPKD.

Audit RPPS/F/SMM dimulai

Audit SMM/RPPS/F hari pertama 27 Januari dimulai bertempat di Ruang Transit LJM briefing auditor sebelum menuju tempat auditee yaitu FKIP, FK. dan F. Farmasi tidak kurang dari 25 auditor siap menjalankan tugas, pelaksanaan audit  kali pertama ini mengumpulkan seluruh struktural Fakultas dalam kegiatan pembukaan audit dilanjutkan dengan audit SMM (sistem manajemem mutu) dan diteruskan audit di prodi serta disatukan kembali dalam penutupan audit.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS