Selamat Datang di LJM-UMS

Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)-UMS, Lembaga yang dulunya bernama QAC ini merupakan lembaga penjaminan mutu tingkat universitas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). QAC secara resmi berdiri sejak tahun 2005 pada saat UMS menerima hibah Technological and Professional Skills Development Project (TPSDP). Meski demikian semacam lembaga penjaminan mutu telah ada di UMS sejak tahun 2001 yang pada saat itu cakupan tugasnya masih spesifik mengurusi akreditasi program studi (Prodi). Tugas harian QAC dijalankan oleh seorang Ketua QA, bekerja secara terintegrasi dan komprehensif dengan para Ketua Penjaminan Mutu Prodi (KaPMP) di bawah koordinasi Wakil Rektor (WR) I. Saat ini fokus utama dari kegiatan penjaminan mutu diprioritaskan pada bidang akademik proses pembelajaran . Selanjutnya secara bertahap kegiatan penjaminan mutu akan merambah bidang akademik lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, serta akhirnya bidang non-akademik (keuangan, administrasi, dll). Pada akhirnya target utama QAC ke depan adalah terbentuknya sistem penjaminan mutu yang sistematis dan terpadu baik bidang akademik dan non-akademik di lingkungan UMS.

Audiensi dengan pimpinan, prodi dan LJM

Selasa, 6/6-17 sesuai dengan program kegiatan Gugus penjaminan mutu untuk mengadakan pertemuan mandiri per bulan maka LJM menginisiasinya dengan mengadakan audiensi antara pimpinan, prodi dan LJM untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam bidang akademik. Diawali oleh gugus penjaminan mutu B (FIK, FF, FK, FKg) dilanjut oleh gugus penjaminan mutu C (FT, FKI, F. Geografi) dan ditutup oleh gugus penjaminan mutu D (FKIP, FAI), semua membahas tentang peningkatan mutu pelayanan bidang I akademik (PID, RPPS, dll)

Pelatihan E-Learning kelas Intermediate (Level II)

Sabtu, 3/6-17 E-Learning Level II (Intermediate ) diadakan untuk meningkatkan skill dari pengguna actif e-learning dikalangan dosen UMS, kegiatan ini dilaksanakan di Laboraturium komputer Teknik Mesin FT-UMS, mengawali dari kegiatan tersebut direfress kembali tentang pembelajran e-learning tahap I sehingga peserta diajak mengingat kembali akhir dari perencanna pembelajaran e-learning, pada tahap ke-2 ini pembelajaran e-learning lebih mengedepankan konteks dalam menjalin komunikasi pembelajaran yang lebih intens dengan mahasiswa dan tugas-tugas dan pemberian penilaian akhir.

Klinik RPS

Senin, 22/5-17. Sebagai bentuk tanggung jawab LJM dalam mengimplementai kurikulum KKNI maka diadakanlah semacam klinik atau pendampingan penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), klinik dimasudkan untuk menambah khasanah bagi penyusun kurikulum baik yang masih dalam proses penyusunan maupun yang sudah menyelesaikan penyusunan, didampingi oleh narasumber  Bp. Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. acara berjalan  dengan sambung menyambung pertanyaan dari peserta, disamping pemeragaan tata susun kurikulum secara display juga dipaparkan sejumlah kekurangan dari para penyusun RPS sebelumnya terutama dalam pemilihan kata maupun kalimat, demikian pendapat dari tim kurikulum ibu Nur Hidayati, Ph.D.

Workshop Active Learning

Sabtu, 6/5 bertempat di Ruang kuliah Kelas Internasional, P2AI-LJM (dahulu P3AI) mengadakan Workshop Active Learning atau Pelatihan Metode Pembelajaran Partisipatif diikuti oleh 20 peserta darii dosen-dosen baru Universitas Muhammadiyah Surakarta, selama 9 jam dari jam 8.00-17.00 WIB, dilaksanakan dengan sukacita dan gembira didampingi oleh Bp. Dr. Abdullah ALy, M.Ag dan Ibu Dr. Nisa Rachmah Nur Anganti,  bergantian mengisi peran dalam pelatihan tersebut.

Sosialisasi AUN-QA dan penyusunan borang dan evaluasi-diri AUN-QA

Kamis , 27/4 bertempat di ruang sidang Rektorat Gedung Siti Walidah lantai 6, diadakan forum terbaru AUN-QA (Asean University Network- Quality Assurance). AUN adalah sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean. Tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini adalah pertukaran informasi antar prodi dan alumnus AUN agar dapat dilakukan perumusan evaluasi diri dan borang untuk standar variabel pengukuran AUN-QA, sedangkan AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN, sebagai bentuk pemantauan kualitas dari AUN akan melakukan pengukuran secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan terhadap universitas-universitas anggotanya. 

AUN QA merupakan sebuah assessment, dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Proses ini diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action For Improvement terhadap hasil SAR. Setelah itu barulah akan dilakukan proses visitasi oleh tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan. Universitas Muhamadiyah Surakarta sebagai salah satu anggota  AUN akan melakukan AUN-QA pada beberapa program studinya diantaranya adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Arsitektur, Manajemen, Farmasi dan Keperawatan.

E-Learning batch 5 & 6

20-21/4 Pelatihan E-learning Batch 5 dan 6 diadakan kembali sebagai manifestasi dari pada pencetusan amanat rapat kerja bidang akademik di Tawangmangu dan peresmian e-learning pada bulan april ini di UMS pada pencanangan belajar jarak jauh UMKT. Dari pelaksanaan sebelumnya kali ini panitia kewalahan dikarenakan berkurangnya peminat dan prodi sudah mengadakan mandiri pelatihan e-learning ini dengan ajuan program rpps, sehingga jumlah peserta menyusut namun dikarenakan sudah menjadi target UMS  pelatihan harus terus tetap berjalan dan akan ditingkatkan dengan tahap advance bagi dosen yang telah membiasakan menggunakan aplikasi e-learning, dalam aktivitas pengajarannya serta mungkin diakhir target akan diadakan Grant bagi pengguna aplikasi yang aktive dan memiliki penampilan aplikasi yang terbaik, sebagai aplikasi yang user friendly Schoology masih menjadi unggulan di UMS karena mudah digunakan.

Rapat tinjauan manajemen hasil audit tengah tahun TA 2016-2017

Selasa, 14/3 bertempat di Auditorium Moh. Djazman dilaksanakan rapat tinjauan manajemen (RTM) hasil audit tengah tahun RIT 2016-2017 pada bulan Januari dan Februari 2017, audit bersama pimpinan  dan ketua pimpinan fakultas , prodi dan unit, Dengan 3 wakil rektor dan 80 peserta undangan, RTM menyampaikan telaah interview dan observasi lapangan tentang kesiapan mutu unit yang jawabannya berupa penilian qualitatif tentang apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang sudah tersedia untuk mendukung peningkatan mutu. Laporan hasil audit dibacakan oleh Kabid audit dan monitoring Bp. Pramudya Kurnia, STP., M.Agr. Secara umum terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan perbaikan di masa mendatang; - prodi perlu di dorong untuk melengkapi semua dokumen kurikulum, - perlu pemetaan rasio dosen dan mahasiswa serta tendik dan mahasiswa, - perlu pembuatan skala prioritas perekrutan dosen atau pengendalian jumlah mahasiswa baru, - perlu sosialisasi standar mutu dan prosedur yang sedang berlaku dan - perlu evaluasi menyeluruh terhadap semua sistem yang mendukung pembelajaran di UMS.

Audit Internal Keuangan

Kamis, 9/3 LJM menerima kunjungan resmi dari tim audit internal keuangan UMS, berbekal surat tugas dan buku Piagam Audit yang disahkan Rektor Januari 2017 (bukan SK) melakukan tindakan audit internal keuangan dan nonkeuangan untuk kegiatan tahun 2014-2015 dan 2015-2016 yang tidak berlaku surut dari seharusnya berlaku secara legalitas. Audit dilakukan meliputi : 1. Struktur organisasi unit dan job deskripsi, 2. Renstra, Visi dan Misi unit, 3. Proses penyusunan anggaran dan laporan pertanggungjawaban (LPJ), 5. Deposito dan rekening bank yang dimiliki, 6. Kerja sama dengan lembaga lain (MoU) dan 7. SOP yang dimiliki. Selain harapan UMS dan stake holder semoga Audit Internal lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan audit karena memasuki koridor yang sangat sensitif, maka seyogyanya penyebutan nama agar dihindarkan dan sentimentasi dalam perbedaan pemberian honor masing-masing unit jangan menjadi sumber emosional dan target penemuan dan pencapaian lapangan, seharusnya penataan di awal dan pendampingan akan lebih baik dari pada justisment dilapangan yang seharusnya ada pada sebuah institusi pendidikan.

Presentasi Hasil Akhir Teaching Grant (Hibah)

Selasa, 7/3 bertempat di ruang rapat LJM dilakukan presentasi hasil akhir dari hibah pengajaran atau teaching grant hasil seleksi tahun 2016, diantaranya ibu Sri Setyaningrum Rahmawaty, Ph.D dan ibu dr. N. Juni Triasturi, M.Med. Ed., melakukan presentasinya didepan reviewer diantaranya Prof. Dr. Sutama, M.Pd dan Dr. Abdullah Aly, M.Ag. dan PIC Dr. Kelik Wardiono, Pada kesempatan itu penilaian diberikan skor 1-4  dengan bobot 5-20 dan hasil yang diperoleh pada kreteria pelaksanaan dan hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan masih mendapatkan nilai terendah artinya target yang diharapkan belum mencapai nilai penelitian  yang diharapkan. Hibah ini diteruskan dengan pengumpulan laporan penelitan akhir sesuai permintaan reviewer.

Rapat Koordinasi I GJM tahun2017

 Rapat Koordinsi Gugus Penjaminan Mutu awal tahun 2017 (23/2) dilaksanakan diruang pertemuan LJM lt. 6 dihadiri oleh 12 peserta rapat baik dari GJM maupun unsur LJM, fokus pertemuan kali ini membahas perkembangan PID, EDOM, evalums dan pelaksanaan RPU LJM.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS