Workshop desain pembelajaran Dosen Teknik UMS

Tanggal 14 - 18 Agustus 2006, atas permintaan Fakultas Teknik, QAC-P3AI diminta untuk memberikan workshop desain pembelajaran bagi dosen di unit tersebut. Workshop diikuti oleh 28 orang dimana 6 diantaranya adalah berasal dari Fakultas Geografi.
Tujuan dari workshop ini bertujuan agar dosen mampu mendesain materi perkuliahan, tujuan dan kompetensi, dilanjutkan kemampuan untuk desain srategi yang akan dipergunakan serta evaluasi yang sesuai dengan tujuan dan materi.
Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik UMS, Ir. Sri Widodo, M.T., dengan didampingi Majaer QA UMS, M. Muhtarom, S.H., M.H. Dalam sambutan Ketua Panitia, M. Muchlison Anis, S.T., M.T, disebutkan bahwa Panitia yang terdiri atas QA Officer dari jurusan-jurusan di Fakultas Teknik, berharap workshop ini menjadi bagian langkah upaya penjaminan mutu pembelajaran di Fakultas Teknik dan Geografi UMS. Menambahi harapan pantia, Dekan FT UMS menginginkan pada pasca workshop adanya pemantauan atas kinerja dosen dalam menerapkan ilmu yang didapatkan dari workshop ini dan mperlunya ditetapkan indikator kinerja untuk hal tersebut.
Manajer QA, yang sekaligus sebagai Ketua P3AI-UMS, menyampaikan bahwa saat ini UMS berulangkali menjadi tujuan studi banding dalam upaya penjaminan mutu. Meskipun diakui olehnya bahwa UMS belum bisa dikatakan sepenuhnya melaksanakan penjaminan mutu dengan sempurna. Namun, paling tidak UMS telah memulai upaya tersebut.
Tampak diantara peserta workshop, dosen-dosen muda yang sangat antusias mengikuti, tidak kalah dengan dosen-dosen lainnya yang telah lama mengajar, bahkan ada yang lebih kurang 22 tahun mengajar di UMS.
Pada setiap akhir hari workshop, peserta diharuskan menyusun dokumen portfolio yang merupakan praktek langsung dengan menggunakan mata kuliah yang diampunya. Sehingga selesai workshop ini diharapkan desain yang diselesaikan dapat langsung diterapkan di perkuliahan semester ini. Sementara peserta dari FG UMS akan menggunakan hasil workshop ini untuk kompetisi dalam hibah pengajaran (teaching grant) dengan dana dari PHK A-2 Batch III.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS