Training for Trainers Mahasiswa Pendamping MASPA Mahasiswa Baru Tahun 2006

Atas penugasan dari Wakil Rektor III, QAC-P3AI UMS melaksanakan program Training for Trainiers (TfT) bagi mahasiswa pendamping yang akan bertugas dalam MASPA (Masa Ta'aruf dan Pengenalan Akademik) Mahasiswa Baru Tahun 2006. Training ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pendamping dalam penerapan model pembelajaran partisipatrif ("active learning") yang diimplementasikan pada MASPA UMS.

MASPA UMS yang akan dilaksanakan 30 Agustus - 2 September 2006 akan menggunakan metode atau strategi "active learning". Hal ini merupakan upaya UMS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan terciptanya iklim akademis yang lebih baik. Melalui "active learning", pola MASPA tidak didominasi oleh strategi ceramah oleh pembicara. MASPA diharapkan akan berjalan dengan pola "student centered learning" dimana mahasiswa baru akan secara aktif belajar dan mengalami pembelajaran yang "meaningful", "fun", dan "enjoy".

Peserta TfT meliputi sekitar 500 mahasiswa dari semua jurusan/program studi di UMS. Untuk menjalankan Tft, QAC-P3AI UMS dibantu oleh dosen alumni Workshop Desain Pembelajaran di UMS yang telah mengikuti workshop yang diselenggarakan QAC-P3AI UMS.

Mahasiswa peserta Tft menunjukkan keceriaan selama Tft yang berlangusng dari jam 08.00 - 17.30 setiap harinya. Mereka juga berkomentar bahwa dengan metode/strategi "active learning", mahasiswa baru akan lebih mudah mengikuti MASPA.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS