RAPAT KERJA PENJAMINAN MUTU UMS

Pada tanggal 18 Desember 2006, semua Ketua Jurusan dan QA Officer berkumpul bersama melaksanakan Rapat Kerja untuk bidang Penjaminan Mutu (Raker PENJAMU). Raker PENJAMU bertempat di Hotel Narita, Solo dari pukul 09.00 sampai dengan 17.30 sore.

Sesi Pertama, dengan menggunakan Focus Group Discussion (FGD), dilakukan pembahasan bersama mengenai Peran Kajur/PD I dan QA Officer dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu di UMS.

Sesi Kedua adalah diskusi dengan menghadirkan pakar untuk membahas Dasar-dasar Penjaminan Mutu Akademik di Perguruan Tinggi. Pakar yang dihadirkan adalah Prof. Dr. M. Zainuddin, Apt. (UNAIR).

Sesi Ketiga adalah sesi diskusi mengenai Dokumen Penjaminan Mutu Akademik di Perguruan Tinggi dengan fasilitator adalah Dr. Langkah Sembiring, M.Sc., Ph.D. (UGM).

Tujuan dari Raker PENJAMU ini adalah <1> meningkatkan komitmen pimpinan fakultas/jurusan terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di UMS, <2> menyamakan visi dan persepsi tentang penyelenggaraan penjaminan mutu di UMS, dan <3> merumuskan peran pimpinan fakultas/jurusan dan QA Officer dalam pelaksanaan penjaminan mutu pada masing-masing unit kerjanya.

Panitia Pelaksana Raker PENJAMU terdiri atas QA Officer dan personal QAC. Dipercaya sebagai Ketua dan Sekretaris Panitia kegiatan Raker PENJAMU adalah Kussudiyarsana, S.E., M.Si. (QA Officer FE Manajemen) dan Muchlison Anis, S.T., M.T. (QA Officer FT Teknik Industri). Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dan peran QA Officer dalam upaya pembangunan penjaminan mutu UMS semakin tampak nyata.

Hasil dari Raker PENJAMU adalah butir-butir dan draft rencana penjaminan mutu yang selanjutnya akan digodok oleh Tim Perumus dimana dipilih dari peserta Raker PENJAMU.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS