Tim QAC-P3AI UMS bimbing Dosen ITENAS sebagai calon Fasilitator Pembelajaran Partisipatif

Menindaklanjuti penandatanganan naskah kerja sama antara UMS dengan ITENAS dalam bidang peningkatan dan pengembangan aktivitas pembelajaran maka mulai 29 Januari 2007, Tim QAC-P3AI UMS berada di Kota Bandung untuk memberikan bimbingan kepada dosen ITENAS dalam bentuk kegiatan ToT (Training of Trainers) Desain Pembelajaran Partisipatif. Kegiatan ini diikuti oleh alumni Workshop Desain Pembelajaran Partisipatif yang pernah diselenggarakan ITENAS pada Bulan Juni 2006 lalu dimana Tim QAC-P3AI UMS juga bertindak sebagai fasilitator.

Selama ToT, dosen ITENAS diberikan pendalaman materi desain materi, kompetensi, strategi, dan evaluasi oleh Tim QAC-P3AI UMS. Pendalaman dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan selanjutnya diadakan pemagangan.

Dalam pembukaan, Rektor ITENAS Prof. Juanda menyatakan kebahagiaannya bahwa kerja sama UMS-ITENAS yang diresmikan Desember 2006 telah mulai berjalan, yang ditunjukkan dengan diselenggarakannya ToT ini. Terlebih segera berjalannya program Workhsop Desain Pembelajaran Partisipatif untuk angkatan berikutnya dengan fasilitator dari Tim QAC-P3AI UMS. Prof. Juanda berharap, dengan adanya fasilitator yang dihasilkan dari ToT, ITENAS dapat segera mencapai target untuk mewajibkan semua dosen tetapnya lulus mengikuti Workshop Desain Pembelajaran Partisipatif.

Ketua P3AI UMS, M. Muhtarom, S.H., M.H., dengan ToT ini, diharapkan ITENAS dapat segera menyebarluaskan Model Pembelajaran Partisipatif di sekitar Jawa Barat sesuai dengan rencana yang menjadi bagian kesepakatan dalam kerja sama UMS-ITENAS.

Setelah ToT, Tim QAC-P3AI UMS melanjutkan tugas sebagai fasilitator dalam Workshop Angkatan III di ITENAS yang diadakan 31 Januari - 3 Februari 2007. Di dalam workshop ini, peserta ToT akan mulai mengikuti pemagangan guna melatih kesiapan dan pengalaman menjalankan tugas sebagai fasilitator. Selain itu, pemagangan ini juga sekaligus sebagai salah satu syarat penilaian keberhasilan mengikuti ToT selain ditentukan oleh portfolio yang disusun peserta ToT.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS