PEMANFAATAN CONCEPT MAP OLEH MAHASISWA BERHASIL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Penelitian yang dilakukan Drs. Joko Suwandi, SE. dan Drs. M. Yahya, M.Si. berhasil menemukan bahwa penggunaan peta konsep (concept map) oleh mahasiswa dalam mempelajari Ekonomi Mikro berhasil meningkatkan hasil belajar hingga tuntas atau pada nilai >85 (skala 0-100) yang setara dengan Nilai A.

Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP-UMS yang mengambil mata kuliah ekonomi mikro, khususnya mahasiswa semester II sebagai mahasiswa reguler.

Penelitian ini didasari pendapat Dimyati dan Mudjiono (2004:93), bahwa ‘membaca mencari sesuatu konsep’ lebih mendorong motivasi mahasiswa dibanding dengan ‘membaca tanpa mencari sesuatu’. Diyakini olehnya bahwa pembuatan peta konsep dapat memotivasi mahasiswa untuk berpikir tentang ranah isi. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengenali, menguji konsep-konsep penting, mengklasifiksi konsep-konsep tersebut, menggambarkan hubungan antara konsep satu dengan konsep yang lain, dan menganalisis sifat hubungannya.

Meningkatnya nilai penguasaan strategi peta konsep mampu meningkatkan pula rata-rata hasil belajar menjadi 90. Pembelajaran dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi mikro, apabila :

  1. Mahasiswa dipahamkan dengan apa dan bagaimana strategi peta konsep digunakan dalam pembelajaran.
  2. Mahasiswa diberikan tugas membaca materi (pokok bahasan) dan setelah itu diminta untuk mengidentifikasi konsep yang ada di dalamnya sebanyak-banyaknya.
Publikasi Utuh (full text) hasil penelitian yang dibiayai melalui ISS-TPSDP-P3AI yang dikelola QAC-P3AI UMS ini dapat didownload pada menu download homepage QAC-P3AI UMS.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS