P3AI Unisba Kunjungi P3AI UMS

Bertempat di kantor QAC-P3AI UMS, Rabu 28 Mei 2007, rombongan P3AI Universitas Islam Bandung (Unisba) diterima oleh Manajer QAC, M. Muhtarom, SH., MH. dan staff. Dalam kunjungan ini, rombongan Unisba yang dipimpin oleh Nana Chairiyawati menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya ke P3AI UMS. Selanjutnya, ia mengajukan beberapa pertanyaan tentang pengalaman-pengalaman P3AI UMS selama ini, termasuk perkembangan P3AI dan penjaminan mutu di UMS mulai dari awal pendirian sampai dengan sekarang.

Dalam keterangannya, M. Muhtarom SH., MH menyampaikan bahwa embrio P3AI UMS adalah Unit Penjaminan Mutu yang dulunya mengurusi hal-hal yang terkait dengan akreditasi program studi. Pada tahun 2005 unit ini diubah menjadi Quality Assurance Center (QAC) yang mempunyai tugas utama (pada tahap awal) melakukan penjaminan mutu di bidang proses pembelajaran, sehingga QAC juga berperan sebagai P3AI. Dalam penjelasannya, ia juga menyampaikan program P3AI UMS yang secara garis besar meliputi: program pengembangan dan program pelayanan. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa di tengah-tengah program pengembangan dosen UMS, QAC-P3AI UMS juga memberikan pelatihan tentang pembelajaran berbasis Active Learning baik di dalam maupun luar UMS.

Tertarik dengan penjelasan M. Muhtarom, rombongan Unisba langsung meminta waktu tim fasilitator QAC-P3AI untuk memberikan pelatihan bagi para dosen Unisba. Adapun waktu yang disepakati adalah minggu pertama bulan Agustus 2007. Semoga P3AI Unisba sukses meningkatkan kualitas dosennya sehingga mutu lulusannya juga meningkat.[]

 
Copyright © 2012 LJM-UMS