Tim UMS Fasilitasi Pembangunan Sistem Penjaminan Mutu AKS Kartini Semarang

Dalam rangka pembangunan sistem penjaminan mutu di Akademi Kesejahteraan Sosial KARTINI Semarang, Tim Fasilitator UMS memberikan pengenalan dan bimbingan praktis selama tiga hari pada 3-5 Desember 2007 dalam Workshop penjaminan Mutu. Materi yang diberikan mulai dari Dasar-dasar Penjaminan Mutu, Dokumentasi Acuan/Standar, Struktur Kebijakan Institusi, dan Dokumen Penjaminan Mutu.

Peserta sebagian besar adalah dosen-dosen dari AKS Kartini dan sebagian lainnya adalah dosen STIP Farming Semarang. Tim fasilitator UMS terdiri atas 4 (empat) orang, yaitu Kelik Wardiono, S.H., M.H., Drs. Abdullah Aly, M.Ag., M. Muhtarom, S.H., M.H., dan M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P.. Mereka adalah staf P3AI UMS dengan pengalaman pembangunan sistem penjaminan mutu di UMS dan sertifikasi pelatihan auditor mutu akademik maupun ISO internasional.

Workshop dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan andragogi dimana menempatkan peserta sebagai bagian sumber materi dari pengalaman yang telah dilakukan. Strategi yang digunakan oleh para fasilitator dalam pelaksanaan workshop ini adalah partisipatif, dimana peserta diperkaya dengan pengalaman belajar.

Pada bagian akhir, peserta memberikan apresiasi atas model workshop yang berhasil membangkitkan semangat mereka untuk membangun sisten jaminan mutu sebagai salah satu strategi menjaga kelangsungan institusi yang merupakan PTS dengan tantangan besar.

Jajaran pimpinan AKS Kartini berharap dapat membina hubungan dan kegiatan lanjutan (follow up) dengan Tim UMS.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS