Pelatihan SCL dan Optimalisasi Kinerja BK di Sekolah

Bertempat di Ruang Multimedia Fakultas Pasikologi UMS, pada 17 Januari 2008, Program Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) UMS berkolaborasi dengan Fakuktas Psikologi UMS melatih para guru tentang "Student Centered Learning" (SCL). Pelatihan dengan tema "Optimlisasi Kinerja BK (Bimbingan dan Konseling) di Sekolah" ini diikuti oleh 32 guru yang berasal dari beberapa guru BK di SMP dan SMA di wilayah Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, dan Klaten. Di antara peserta ada yang kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan.

Pelatihan ini memberikan alternatif kepada para peserta tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja BK dengan pendekatan yang berpusat pada siswa. Pendekatan ini mengandaikan siswa sebagai subyek yang mampu untuk mengenali kemampuan dan kelebihan dirinya dan bukan sebagai klien yang bermasalah. Dengan demikian, peran guru BK di sekolah bukan semata-mata sebagai konselor tetapi sekaligus sebagai teman yang mau mendengarkan keluhan-keluhan para siswa. Dengan posisi tersebut, guru BK bertugas membantu siswa untuk menemukan dirinya baik yang terkait dengan kelebihan maupun kekurangannya.

Pelatihan yang didanai oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Dirjen Dikdasmen Depdiknas RI ini berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, karena pendekatan yang digunakan adalah pendekatan andragogi yang dipadu dengan berbagai game dan ice breaking yang menyegarkan.

Di akhir pelatihan peserta menyampaikan usulan agar pelatihan serupa diadakan lagi bahkan tidak hanya melibatkan para guru melainkan juga para siswa. Semoga![AA]

 
Copyright © 2012 LJM-UMS