Survey Aktivitas Pembelajaran Efektif Mahasiswa UMS

(26/4-14) Survey terhadap aktifitas pembelajaran efektif mahasiswa UMS,  khususnya di FKIP dimulai, menempati laboratorium komputer FKIP sejumlah mahasiswa sudah memasuki ruang pembelajaran komputer yang bertempat di kampus I Gedung B FKIP, setiap mahasiswa dibekali dengan username dan pasword untuk masuk ke laman survey ini yaitu rpps.ums.ac.id/quiz, Disini perlu dilatari bersama bahwa Mahasiswa efektif adalah mahasiswa yang belajar secara aktif dan independen. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh mahasiswa efektif diantaranya adalah percaya diri, memiliki motivasi tinggi, tujuan dan target yang jelas, bertanggung jawab, jujur, disiplin, terbuka dan menghargai orang lain, cakap dalam dalam menganalisa pengetahuan dari berbagai sumber yang berbeda, cakap memecahkan masalah dan cakap mengkomunikasikan pikiran secara lisan maupun tulisan. Untuk mencetak mahasiswa efektif maka diperlukan proses pembelajaran efektif sebagai bentuk professional dosen kepada institusi dan stakeholders dan pengguna lulusan. Karena itu pembelajaran efektif menjadi tahapan penting untuk mencapai excellent teaching untuk kemudian menuju excellent education. Oleh karena itu LJM melakukan survey tentang pengalaman mahasiswa selama mengikuti proses belajar mengajar, terutama pada perilaku praktek-praktek pembelajaran efektif, sehingga dapat diketahui  aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dan tingkat keefektifannnya dan sebagai bahan masukan kepada Program Studi di UMS untuk penyusunan kurikulum berbasis KKNI yang akan diberlakukan tahun 2016.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS