Manual Prosedur Rekam Data Pelaksanaan PBM berbasis RMP

Hasil Raker Bidang Akademik UMS 2008

  1. Dosen mengisi jurnal kuliah dan mengabsen kehadiran mahasiswa.
  2. Form jurnal kuliah dan presensi mahasiswa disediakan oleh BAA sesuai standar yang dibakukan.

  3. Pengisian jurnal kuliah dilakukan oleh dosen secara manual.
  4. Form Jurnal Kuliah disediakan oleh BAA dan hanya disajikan pada jam kuliah yang telah dijadwalkan. Jurnal kuliah selalu tersimpan oleh staf Tata Usaha dan tidak dapat diisi oleh dosen di lain hari. Jika dosen berhalangan hadir atau hari libur dosen wajib mengganti pada hari lain dan lapor kepada petugas yang ditunjuk.
  5. TU menginput jurnal kuliah secara online . Input jurnal dilakukan oleh staf TU setiap hari.
  6. TU menginput data presensi mahasiswa secara online, khusus data mahasiswa yang tidak hadir.
  7. Menjelang UTS dan UAS dosen mengisi kuesioner dari QAC tentang pengalamannya menerapkan RMP dalam perkuliahan. Kuesioner disajikan dalam bentuk online dan offline.
  8. QA officer difasilitasi oleh PD1/Kajur untuk melakukan observasi setiap dosen dan mengedarkan kuesioner kepada beberapa mahasiswa tentang penerapan RMP, minimal sekali dalam satu semester.
  9. Catatan observasi dan isian kuesioner diinput ke kolom khusus dalam jurnal kuliah online.
  10. Pelaksanaan observasi kelas dengan menggunakan CCTV dan model presensi mahasiswa secara elektronis akan diterapkan pada program studi yang sudah menyatakan siap menerima sebagai tempat uji-coba atau pilot project.
  11. Setiap 6 kali pertemuan QAC dan QA officer bersama unit IT melakukan olah data terhadap data pelaksanaan PBM yang telah diinput. Hasil olahan data selanjutnya dilaporkan kepada pimpinan universitas, fakultas dan program studi sebagai bahan evaluasi pelaksanaan PBM.
  12. Pada setiap akhir semester mahasiswa mengisi kuesioner secara online tentang pelaksanaan PBM yang akan dikoordinasi oleh QAC bersama unit IT.
  13. Pengisian kuesioner oleh mahasiswa merupakan bagian dari rangkaian kegiatan rekam data PBM. Pengisian kuesioner merupakan syarat wajib bagi mahasiswa untuk mengambil kartu UAS.
  14. Setelah masa pengisian kuesioner ditutup, QAC bersama IT melakukan analisis seluruh data untuk data pelaksanaan PBM dari seluruh data yang telah terekam.
  15. Untuk menampung aspirasi dan saran konstruktif mahasiswa disediakan melalui alamat email atau web program studi.

 
Copyright © 2012 LJM-UMS